Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Tema dan Logo Hari Santri Nasional (HSN) 2023 Beserta Filosofinya

Tema dan Logo Hari Santri Nasional (HSN) 2023 Beserta Filosofinya
Tema dan Logo Hari Santri Nasional (HSN) 2023 Beserta Filosofinya

Materilengkap.my.id. Tema dan Logo Hari Santri Nasional (HSN) 2023 Beserta FilosofinyaTema dan Logo Hari Santri Nasional (HSN) 2023 secara resmi telah ditetapkan oleh Kementerian Agama RI.

Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas, meluncurkan tema dan logo peringatan Hari Santri Tahun 2023 yang bertempat di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Tema dan logo Hari Santri 2023 ini selanjutnya akan menjadi branding rangkaian kegiatan peringatan hari bersejarah bagi Santri di seluruh Indonesia tersebut.

Hari Santri kembali akan diperingati tanggal 22 Oktober 2023 mendatang. Penetapan Hari Santri setiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Penetapan Hari Santri ini dimaksudkan untuk meneladani semangat jihad kepada santri tentang ke-Indonesiaan yang digelorakan para ulama. Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri karena bertepatan dengan sebuah peristiwa bersejarah, yaitu seruan Pahlawan Nasional, KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Pada tanggal tersebut, KH Hasyim Asy’ari menyerukan perintah kepada seluruh umat Islam untuk berjihad melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah wilayah NKRI pasca Proklamasi Kemerdekaan.

Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad”. Resolusi ini berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi jihad tersebut kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 Nopember 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Aspek lain yang melatarbelakangi penetapan Hari Santri Nasional adalah adanya pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baja Juga :  Mewujudkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Tema Hari Santri Nasional 2023

Hari Santri Nasional 2023 mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema ini menegaskan sekali bahwa kejayaan dan kemerdekaan negara juga merupakan buah dari jihad atau perjuangan para santri.

Di dalam peringatan Hari Santri Tahun 2023 ini, kita merayakan semangat dan dedikasi pada santri sebagai pahlawan pendidikann dan perjuangan melawan kebodohan.

Tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” mengangkat makna yang dalam dan relevan pada jaman sekarang ini. Di jaman yang penuh dengan tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

Para santri adalah penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Mereka adalah pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah, mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka.

Di dalam tradisi Islam, jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Santri adalah teladan dalam menjalani jihad ini.

Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, mereka memperdalam ilmu dan penyebarkan cahaya pengetahuan.

Logo Hari Santri 2023

Visualisasi logo hari Santri Nasional Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

Logo Hari Santri 2023

Filosofi Logo

Berikut ini adalah filosofi logo Hari Santri 2023.

1. Bendera Merah Putih dan Api yang Berkobar

Screenshot 163

Rasa cinta tanah air adalah semangat yang berkobar dalam dada setiap santri. Hubbul Wathan Minal Iman adalah kobaran api yang menyala

2. Teknologi Digital

Screenshot 164

Tantangan hari ini yang harus dijawab oleh santri adalah kemajuan teknologi digital. Santri hari ini harus mengembangkan pengetahuannya untuk mengikuti informasi teknologi digital.

3. Empat pilar Kebangsaan

Screenshot 165

Indonesia dibangun di atas 4 pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baja Juga :  PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN

4. Santri Menjaga Negeri

Screenshot 166

Santri senantiasa menjaga Pilar kebangsaan. Inilah komitmen dan jiwa nasionalisme yang dimiliki oleh para santri.

5. Simbolisasi Huruf Nun

Screenshot 167

Di dalam islam, jelas sekali huruf nun berdiri sendiri sebagai pembuka surat Al-Qalam yang disimbolkan dengan tempat tinta, lalu disusul ada kalam dan tempat menulisnya sebagaimana disebutkan dalam ayat. Nun, wal qalami wama yasthurun. Ini bermakna Nun sebagai simbol pengetahuan.

6. Goresan Tinta pada Tema

Screenshot 168

Jenis font seperti goresan tinta pada tema tahun ini menyimbolkan bahwa santri adala generasi penerus bangsa yang akan menggoreskan kejayaan indonesia dengan tinta emas. Jihad intelektual demi kejayaan negeri.

Tema dan Logo Hari Santri Nasional (HSN) 2023 selengkapnya dapat di unduh di sini.

Demikian tema dan logo Hari Santri Nasional (HSN) 2023 beserta filosofinya. Semoga bermanfaat.