Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

Sosialisasi Jalur SPAN-UMPTKIN 2024: Menyongsong Kualitas Mahasiswa Unggul

SPAN-UMPTKIN 202
SPAN-UMPTKIN 202

Materilengkap | Sosialisasi Jalur SPAN-UMPTKIN 2024: Menyongsong Kualitas Mahasiswa Unggul

Sosialisasi Jalur SPAN-UMPTKIN 2024: Menyongsong Kualitas Mahasiswa Unggul

Sosialisasi Jalur SPAN-UMPTKIN 2024: Menyongsong Kualitas Mahasiswa Unggul

SPAN-UMPTKIN 2024. Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PMB PTKIN) menggelar kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 16 hingga 18 Februari 2024, di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPAN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) tahun 2024 kepada masyarakat, terutama kepada siswa madrasah dan santri pondok pesantren di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani, dalam pembukaan kegiatan ini menegaskan pentingnya aspek kualitas sebagai tolok ukur utama dalam seleksi SPAN-UMPTKIN. “Memiliki mahasiswa dan lulusan yang berkualitas akan berdampak langsung terhadap mutu dan daya saing PTKIN,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Ahmad Zainul Hamdi, mengajak seluruh panitia PMB PTKIN untuk bekerja secara profesional demi kesuksesan pelaksanaan SPAN-UMPTKIN. Dia juga mengingatkan bahwa ini adalah tanggung jawab bersama di Kementerian Agama.

Ketua Panitia PMB PTKIN, Nyayu Khodijah, yang juga menjabat sebagai Rektor UIN Raden Fatah Palembang, berharap kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan jumlah pendaftar SPAN-UMPTKIN tahun ini. “Keterlibatan kepala bidang pendidikan madrasah dan pondok pesantren dalam kegiatan ini diharapkan dapat membantu sosialisasi SPAN-UMPTKIN,” katanya.

Masnun Tahir, Ketua Forum Rektor PTKN, menekankan pentingnya sinergi antara PTKIN dan Kantor Wilayah Kementerian Agama untuk menjadikan PTKIN sebagai pilihan utama bagi siswa madrasah dan santri pondok pesantren di Indonesia.

Saat ini, proses pendaftaran siswa untuk SPAN-PTKIN telah dibuka hingga tanggal 15 Maret 2024. Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran dapat diakses melalui website resmi ptkin.ac.id dan media sosial span_umptkin.

Baja Juga :  2 Hari Hilang, Nelayan Tewas Mengambang di Pantai Cipalawah Garut

Dengan semangat kolaborasi dan komitmen untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, para pemangku kepentingan PTKIN bersama-sama menyongsong masa depan yang lebih cerah melalui jalur SPAN-UMPTKIN tahun 2024.