Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
SNPDB  

Sebanyak 31.990 Calon Peserta Didik, Ikut SNPDB Madrasah

Sebanyak 31.990 Calon Peserta Didik, Ikut SNPDB Madrasah
Sebanyak 31.990 Calon Peserta Didik, Ikut SNPDB Madrasah

Materilengkap | Sebanyak 31.990 Calon Peserta Didik, Ikut SNPDB Madrasah

Sebanyak 31.990 Calon Peserta Didik, Ikut SNPDB Madrasah

Pada tanggal 2 dan 3 Maret 2024, ribuan calon peserta didik dari seluruh Indonesia bersiap mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) untuk MAN Insan Cendekian (MAN IC), MAN Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN). Dalam upaya memperoleh bibit unggul, seleksi ini menjadi langkah penting bagi sistem pendidikan madrasah di tanah air.

Menurut Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Muchammad Sidik Sisdiyanto, sebanyak 31.990 pendaftar telah dinyatakan lolos jalur prestasi dan administrasi untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu ujian Computer-Based Test (CBT). Dari jumlah tersebut, terbagi menjadi 21.341 peserta untuk MAN Insan Cendekia, 3.082 peserta untuk MAN Program Keagamaan (MAN PK), dan 970 peserta untuk Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN). Ini menandai peningkatan signifikan dalam jumlah pendaftar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, mencerminkan minat yang meningkat dalam pendidikan madrasah.

Rasa harap dan semangat tinggi terpancar dari para calon peserta didik yang berpartisipasi dalam seleksi ini. Afifatul, salah satu calon peserta didik, berbagi harapannya untuk lolos seleksi ini, sementara Bagas dari Madrasah Ibtidaiyah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa masuk ke MAN IC OKI. Ada pula Salwa dan Carissa yang mengungkapkan kegembiraan mereka karena berhasil lolos seleksi administrasi dan dapat mengikuti CBT. Meskipun menemui tantangan dalam membaca dan memahami soal, mereka menilai soal-soal yang diberikan relatif mudah.

Seleksi ini tidak hanya sekadar ujian, tetapi juga menjadi wujud dari upaya bersama untuk mendapatkan bibit unggul di bidang pendidikan. Proses seleksi yang ketat ini diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan berpotensi menjadi pemimpin masa depan.

Baja Juga :  Jelang Ujian CBT SNPDB, Kemenag Gelar Simulasi di 173 Titik Lokasi

Sebagai bagian dari langkah-langkah menuju pendidikan yang lebih baik, seleksi ini menjadi tonggak penting dalam mewujudkan cita-cita pendidikan yang merata dan berkualitas di seluruh pelosok negeri. Semoga melalui seleksi ini, tercipta generasi penerus yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan kualitas dan integritas yang tinggi.