Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Rincian Kebutuhan PPPK dan CPNS Guru dan Tendik Tahun 2024

Rincian Kebutuhan PPPK dan CPNS Guru dan Tendik Tahun 2024
Rincian Kebutuhan PPPK dan CPNS Guru dan Tendik Tahun 2024

MATERI LENGKAP Rincian Kebutuhan PPPK dan CPNS Guru dan Tendik Tahun 2024

Rincian Kebutuhan PPPK dan CPNS Guru dan Tendik Tahun 2024

Pemerintah RI telah memulai seleksi CPNS 2024 melalui ASN Karier atau SSCASN BKN. Seleksi akan dilakukan dalam tiga periode, dimulai pada Maret, Juni, dan Agustus. Periode pertama adalah pendaftaran yang dimulai pada bulan Maret, lalu dilanjutkan dengan seleksi administrasi pada bulan Mei.

Periode kedua adalah seleksi kompetensi dasar yang akan dilakukan pada Juni-Juli 2024. Lulusan SMA/SMK sederajat diharapkan mengisi formasi CPNS 2024.

Dalam rangka dibukanya rekrutmen PPPK dan CPNS 2024, Menteri PANRB telah mengeluarkan surat keputusan mengenai panduan rincian kebutuhan formasi. Surat keputusan dengan Nomor 173 tahun 2024 tersebut merincikan beberapa hal yang penting diketahui calon pelamar.

Instansi pemerintah menyusun rincian kebutuhan formasi PPPK dan CPNS 2024 sesuai dengan jumlah yang disetujui oleh Menteri. Selain itu, kebutuhan formasi CASN juga mengacu pada Panduan Penyusunan Rincian Pegawai ASN tahun ini.

Ada empat hal yang akan difokuskan oleh pemerintah dalam menetapkan formasi CASN:

  1. Penataan pegawai non-ASN di instansi pemerintah
  2. Pelayanan dasar di bidang Pendidikan dan Kesehatan
  3. Perekruitan talenta baru
  4. Pemenuhan talenta digital

Selain itu, jenis pengadaan pegawai ASN juga meliputi PPPK bagi eks THK II dan pegawai non-ASN serta CPNS 2024. Pengadaan pegawan ASN tersebut juga terdiri dari jabatan fungsional dan jabatan pelaksana.

Dalam rekrutmen PPPK dan CPNS 2024, rincian kebutuhan formasi paling sedikit akan memuat:

  • Jenis pengadaan
  • Nama jabatan
  • Deskripsi jabatan
  • Kualifikasi Pendidikan
  • Alokasi formais
  • Unit penempatan
  • Tentang penghasilan

Nantinya, rincian diatas akan disampaikan oleh pemerintah melalui layanan elektronik yang mengacu pada petunjuk teknis yang disusun oleh BKN. BKN akan melakukan validasi terhadap rincian kebutuhan pegawai ASN yang terdiri dari jenis pengadaan diatas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baja Juga :  Manfaatkan Rapor Pendidikan Direktorat SMP Gelar Pendampingan Perencanaan Berbasis Data

Terakhir, hasil validasi rekrutmen PPPK dan CPNS 2024 akan disampaikan kepada Menteri dalam bentuk pertimbangann teknis dalam menetapkan kebutuhan formasi ASN.

Selengkapnya untuk download Rincian Kebutuhan PPPK dan CPNS Guru Tahun 2024 bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<< untuk PPPK ASN TENDIK bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<