Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
SKI  

RPP SKI Kelas 7 tentang Reaksi Kafir Quraisy Terhadap Hijrahnabi Muhammad Ke Madinah

Reaksi Kafir Quraisy Terhadap Hijrahnabi Muhammad Ke Madinah
Reaksi Kafir Quraisy Terhadap Hijrahnabi Muhammad Ke Madinah

RPP SKI Kelas 7 tentang Reaksi Kafir Quraisy Terhadap Hijrahnabi Muhammad Ke Madinah.

Sekolah   : ……

Mata Pelajaran   : SKI

Kelas/Semester :  VII ( tujuh )/Ganjil

Alokasi Waktu     :  3 x 90 menit

Materi Pokok         : Peristiwa hijrah nabi muhammad saw ke madinah

Sub Materi Pokok : Reaksi kafir quraisy terhadap hijrahnabi muhammad ke madinah

A.  Tujuan Pembelajaran tentang Reaksi Kafir Quraisy Terhadap Hijrah Nabi Muhammad Ke Madinah

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu: 
  • Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah
  • Menyimpulkan sejarah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi 
  • Merokunstruksi dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah 
  • Mengidentifikasi langkah-langkah Nabi Muhammad Saw dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi

B.   Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar

Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor

Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papantulis, Laptop &infocus

Sumber Belajar : Buku SKI Siswa Kelas VII, Kementerian Agama, Tahun 2019

C.   Langkah-Langkah Pembelajaran                       Pertemuan-3

Kegiatan Pendahuluan (30 Menit)
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap di siplin
Apersepsi

Mengaitkan materi / tema / kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. 

Motivasi
  • Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi reaksi kafir quraisy terhadap hijrahnabi muhammad ke madinah
PemberianAcuan
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari,tentang reaksi kafir quraisy terhadap hijrahnabi muhammad ke madinah,kompetensi yang akan di capai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 180 Menit )
Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi reaksi kafir quraisy terhadap hijrahnabi muhammad ke madinah
Critical Thinking  Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi reaksi kafir quraisy terhadap hijrahnabi muhammad ke madinah
Collaboration Peserta didik di bentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukarin formasi mengenai: reaksi kafir quraisy terhadap hijrahnabi muhammad ke madinah
Communication Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian di tanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah di pelajari terkait reaksi kafir quraisy terhadap hijrahnabi muhammad ke madinah 

 Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum di pahami

Kegiatan Penutup (30 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman / simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru di lakukan. 
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru di lakukan. 
  • PENILAIAN (ASESMEN)
  • Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan

Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

Berikut ini link unduh lengkapnya disini

Demikianlah sekilas RPP SKI Kelas 7 tentang Reaksi Kafir Quraisy Terhadap Hijrahnabi Muhammad Ke Madinah.

Baja Juga :  RPP SKI Kelas 7 tentang Proses Hijrah Nabi Muhammad ke Madinah