Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M: Transparansi, Kompetensi, dan Kendali Teknis

Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M: Transparansi, Kompetensi, dan Kendali Teknis
Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M: Transparansi, Kompetensi, dan Kendali Teknis

Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M: Transparansi, Kompetensi, dan Kendali TeknisProses seleksi petugas penyelenggara ibadah haji merupakan aspek krusial dalam menyusun tim yang berkualitas dan berkompeten. Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah melalui Petunjuk Teknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi menegaskan komitmen untuk menerapkan seleksi yang transparan, kompetitif, dan terkendali secara teknis.

Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M: Transparansi, Kompetensi, dan Kendali Teknis

Dilatarbelakangi oleh amanah Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler, proses seleksi ini menjadi landasan penting dalam menyusun tim petugas yang akan memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jemaah haji.

Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M

Tujuan Seleksi Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M

Tujuan diterbitkannya Juknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1445 Hijriah/2024 Masehi adalah sebagai panduan teknis dalam menyelenggarakan proses seleksi petugas penyelenggara ibadah haji dengan memastikan transparansi, kompetensi, dan akuntabilitas.

Ruang Lingkup Proses Seleksi

Petunjuk Teknis Seleksi PPIH Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi mencakup seluruh tahapan proses seleksi petugas penyelenggara ibadah haji, baik untuk PPIH Arab Saudi maupun PPIH Kloter.

Tahapan Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M

Persiapan Seleksi

Proses persiapan dilakukan secara terinci mulai dari pusat hingga tingkat kabupaten/kota. Ini meliputi penyusunan bank soal, koordinasi, bimbingan teknis, persiapan ruang seleksi, ujicoba aplikasi, dan pengumuman pendaftaran seleksi.

Baja Juga :  King Saudi University Buka Peluang Kerja Sama Bidang Hukum dengan Perguruan Tinggi di Indonesia

Pelaksanaan Seleksi

Pelaksanaan seleksi dilakukan secara bertahap dari tingkat Provinsi hingga tahap kedua Pusat. Tahap pertama meliputi seleksi administrasi dan kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT), sementara tahap kedua melibatkan wawancara pendalaman bidang tugas.

Supervisi

Supervisi seleksi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah serta dapat didelegasikan ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi untuk beberapa tahapan seleksi.

Waktu Proses Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 1445 H/2024 M

Waktu seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) memiliki durasi tertentu sesuai dengan tingkatannya. Jika terjadi kendala pada aplikasi CAT, soal dapat diganti secara manual sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Petunjuk Teknis Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi ini menggarisbawahi pentingnya proses seleksi yang terencana, transparan, dan terkontrol secara teknis. Dokumen lengkapnya dapat diunduh dari tautan yang disediakan.

Proses seleksi petugas penyelenggara ibadah haji menjadi tonggak penting dalam menjamin bahwa setiap tahunnya tim yang bertugas memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan pelaksanaan ibadah haji. Seiring dengan semangat untuk terus meningkatkan kualitas layanan, upaya ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi jemaah haji di masa yang akan datang.