Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Peringatan Hari Musik Nasional 2024: Merdeka Berbudaya Memajukan Musik Indonesia

Peringatan Hari Musik Nasional 2024
Peringatan Hari Musik Nasional 2024

Materi Lengkap | Peringatan Hari Musik Nasional 2024: Merdeka Berbudaya Memajukan Musik Indonesia

Peringatan Hari Musik Nasional 2024: Merdeka Berbudaya Memajukan Musik Indonesia

Peringatan Hari Musik Nasional 2024. Setiap tahun, tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional di Indonesia. Sebagai bagian dari upaya untuk menghargai dan merayakan kontribusi para musisi tanah air serta memajukan industri musik nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah merencanakan serangkaian kegiatan istimewa yang akan dilaksanakan mulai tanggal 7 hingga 9 Maret 2024. Acara-acara ini akan berlangsung di dua kota, Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur, dengan tema utama “Merdeka Berbudaya Memajukan Musik Indonesia”.

Menurut Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, perayaan Hari Musik Nasional tahun ini merupakan bentuk penghargaan kepada para musisi Indonesia. Dengan karya-karya mereka, para musisi telah terus berkontribusi dalam memajukan kebudayaan Indonesia.

Dalam empat tahun terakhir, Kemendikbudristek mencatat kemajuan signifikan dalam ekosistem musik nasional melalui berbagai kebijakan dan program yang dijalankan bersama komunitas musik. Sebagai contoh, rangkaian acara Hari Musik Nasional 2024 akan memperlihatkan hasil dari upaya pembentukan ekosistem tersebut.

Salah satu acara yang menarik adalah Symphonesia Lintas Era Musik 80an yang akan diadakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada tanggal 7 Maret. Acara ini akan menampilkan Erwin Gutawa Orkestra membawakan berbagai karya lagu dari legenda musisi Tanah Air seperti Chrisye dan Vina Panduwinata. Di samping itu, juga akan ada Tribute to January Christy bersama Rahmania Astrini.

Pada tanggal 8 Maret, giliran Surabaya menjadi tuan rumah dengan acara Indonesia Bermusik di Pendopo Taman Budaya. Acara ini akan menampilkan bakat-bakat muda seperti Geraldine Laura yang akan memainkan piano serta membawakan beberapa lagu nasional. Masyarakat juga akan disuguhkan dengan kesenian musik daerah oleh para seniman lokal.

Baja Juga :  Susunan Upacara 17 Agustus untuk Memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Puncak perayaan akan terjadi pada tanggal 9 Maret, bertepatan dengan Hari Musik Nasional. Di Jakarta, akan digelar konser Musik untuk Semua di Auditorium LPP RRI Jakarta, yang bekerja sama dengan DPD Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI). Konser ini akan disiarkan secara luas, termasuk di 36 kafe dan restoran di berbagai provinsi.

Di Surabaya, acara utama akan berlangsung di Pendopo Taman Budaya, termasuk Diskusi Musik Kebangsaan bersama beberapa tokoh ternama, ziarah ke makam W.R. Soepratman, serta Peluncuran dan Mini Konser Kita Cinta Lagu Anak (KILA), yang dihadiri oleh berbagai tokoh penting termasuk Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, serta mantan penyanyi cilik Chicha Koeswoyo.

Perhelatan puncak acara akan berlangsung di Taman Budaya Surabaya dengan konser musik Indonesia, drama musik “Sang Garuda” yang dipersembahkan oleh Komunitas Jatiswara Indonesia, dan pesan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dengan serangkaian acara yang penuh semangat dan kegiatan yang bervariasi, peringatan Hari Musik Nasional tahun 2024 akan menjadi momentum penting bagi semua pihak untuk merayakan keberagaman musik Indonesia serta mengapresiasi peran penting musisi dalam memajukan budaya dan identitas bangsa.

Demikianlah informasi tentang Peringatan Hari Musik Nasional 2024. Semoga bermanfaat