Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Peningkatan Adoption Rate (Tingkatan Adopsi) Platform Rapor Pendidikan Oleh Direktorat

Peningkatan Adoption Rate (Tingkatan Adopsi) Platform Rapor Pendidikan Oleh Direktorat
Peningkatan Adoption Rate (Tingkatan Adopsi) Platform Rapor Pendidikan Oleh Direktorat

MP. Peningkatan Adoption Rate (Tingkatan Adopsi) Platform Rapor Pendidikan Oleh Direktorat

Halo, Sobat Materi Lengkap! Dalam rangka peningkatan adoption rate (tingkatan adopsi) platform Rapor Pendidikan, Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan pendampingan intensif bagi satuan pendidikan jenjang SMP.

Tujuan utama dari pendampingan ini adalah meningkatkan adoption rate akses Rapor Pendidikan, eksplorasi Rapor Pendidikan, dan unduh otomasi rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada platform rapor pendidikan.

Pendampingan ini diharapkan juga agar dapat mendorong satuan pendidikan dalam penerapan PBD pada penyusunan perencanaan dan penganggaran program/kegiatan tahunan di satuan pendidikan.

Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama, Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T., mendorong satuan pendidikan untuk memanfaatkan Rapor Pendidikan sebagai salah satu data acuan dalam mengevaluasi mutu pendidikan.

“Kegiatan ini begitu penting bagi kita, bagaimana kita harus melakukan percepatan dalam rangka memanfaatkan akun Belajar.id yang salah satunya untuk mengakses Rapor Pendidikan. Rapor Pendidikan ini tentunya bisa referensi utama bagi daerah dan satuan pendidikan sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan,” ujar I Nyoman Rudi.

I Nyoman Rudi juga kembali mengingatkan para pemangku kepentingan untuk saling bersinergi dalam mendukung peningkatan aktivasi dan pemanfaatan akun Belajar.id sebagai dasar untuk mengakses berbagai platform yang disediakan Kemendikbudristek, termasuk Rapor Pendidikan.

“Tentu ini hal ini hal yang sangat penting dan sangat penting mendasar. Ketika kita belum mengaktifkan akun Belajar.id, tentu kita tidak dapat mengakses Rapor Pendidikan. Maka dari itu, saya minta para pemangku kepentingan di daerah untuk saling berkolaborasi dan bersinergi dalam meningkatkan adoption rate akun Belajar.id dan juga Rapor Pendidikan,” jelas beliau.

Baja Juga :  Perencanaan Berbasis Data (PBD) Untuk Membenahi Satuan Pendidikan

Kegiatan pendampingan diselenggarakan secara daring selama rentang waktu November-Desember 2022 ini. Sasaran peserta dari pendampingan intensif peningkatan adoption rate Rapor Pendidikan adalah dinas pendidikan dan satuan pendidikan jenjang SMP dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia. Narasumber yang dihadirkan pun berasal dari unsur tim Direktorat SMP, UPT, Kapten Belajar.id, Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek, serta tim Govtech Edu.

Para peserta menerima berbagai materi terkait Rapor Pendidikan dan akun Belajar.id. Mulai dari aktivasi dan login akun Belajar.id, akses dan pemanfaatan Rapor Pendidikan, serta otomasi PBD.

Dengan adanya kegiatan pendampingan intensif ini, diharapkan tingkat adoption rate Rapor Pendidikan bisa terus meningkat. Tidak hanya sekadar login dan aktivasi saja, tapi juga bisa memanfaatkannya dengan maksimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air.