Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Pengumuman, Pendaftaran Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren Dibuka Hingga 8 Maret 2024

Pengumuman, Pendaftaran Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren Dibuka Hingga 8 Maret 2024
Pengumuman, Pendaftaran Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren Dibuka Hingga 8 Maret 2024

Materilengkap | Pengumuman, Pendaftaran Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren Dibuka Hingga 8 Maret 2024

Pengumuman, Pendaftaran Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren Dibuka Hingga 8 Maret 2024

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam kembali menggelar Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren untuk tahun anggaran 2024. Pengumuman resmi pembukaan pendaftaran bantuan ini dilakukan secara simbolis pada Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Program Kemandirian Pesantren di Jakarta hari ini.

Waryono Abdul Gofur, yang bertindak sebagai Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, menyatakan bahwa program ini ditujukan untuk pesantren yang belum pernah menerima bantuan serupa sebelumnya. Selain bantuan finansial, pesantren penerima juga akan mendapatkan pendampingan dalam pengembangan bisnis mereka.

“Pendaftaran bantuan sudah dibuka hari ini melalui sistem aplikasi PUSAKA dan SIMBA, sesuai dengan rencana yang telah disusun,” ujarnya.

Pendaftaran Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren akan berlangsung dari tanggal 23 Februari hingga 8 Maret 2024. Pondok Pesantren yang berminat dapat mengajukan proposal melalui aplikasi Superapss PUSAKA dan/atau website SIMBA Pdpontren.

Basnang Said, Kepala Subdit Pendidikan Pesantren, menekankan pentingnya persiapan yang matang dalam pengajuan proposal, terutama dalam menyusun profil bisnis yang akan dijalankan. Profil pesantren dan bisnis yang ditawarkan akan menjadi penentu utama dalam penilaian penerimaan bantuan.

Selain pembukaan pendaftaran bantuan, Rakor juga diselenggarakan untuk merumuskan skema pendidikan dan pelatihan bagi calon penerima manfaat bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesuksesan program bantuan tersebut.

Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesantren sendiri merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pesantren, yang telah dicanangkan sejak 2021 oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Tahun 2024 ditetapkan sebagai “Tahun Kemandirian Pesantren Berkelanjutan” dengan target replikasi model kemandirian pada ribuan pesantren serta membangun jejaring bisnis antar pesantren maupun dengan pihak lain.

Masyarakat diingatkan untuk waspada terhadap potensi modus penipuan yang mengatasnamakan pemberi bantuan, dan informasi terkait pelaksanaan penyaluran bantuan dapat diakses melalui media sosial Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.