Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Pemenuhan Kebutuhan ASN Tenaga Kesehatan Tahun 2024

Pemenuhan Kebutuhan ASN Tenaga Kesehatan Tahun 2024
Pemenuhan Kebutuhan ASN Tenaga Kesehatan Tahun 2024

Materilengkap Pemenuhan Kebutuhan ASN Tenaga Kesehatan Tahun 2024

Pemenuhan Kebutuhan ASN Tenaga Kesehatan Tahun 2024

Pemenuhan Kebutuhan ASN Tenaga Kesehatan Tahun 2024. Kesehatan merupakan hak asasi setiap individu, sebuah prinsip yang diamanatkan oleh konstitusi Indonesia. Pasal 28H UUD 1945 dengan tegas menyatakan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir batin, termasuk di dalamnya hak untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta akses pelayanan kesehatan yang layak. Prinsip ini diperkuat dengan adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur tanggung jawab negara terhadap kesehatan masyarakat.

Salah satu landasan hukum yang mengatur tentang kesehatan adalah Pasal 6 Undang-Undang No.17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Dalam pasal tersebut, dijelaskan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina, dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang bermutu, aman, efisien, merata, dan terjangkau oleh masyarakat. Hal ini menegaskan bahwa pemerintah memiliki peran penting dalam menyediakan infrastruktur dan layanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, Pasal 12 Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah juga menjelaskan bahwa urusan pelayanan dasar yang mencakup pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat dan permukiman, ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat sosial merupakan urusan wajib pemerintah daerah. Dengan demikian, pemerintah daerah memiliki tanggung jawab langsung dalam penyediaan layanan kesehatan yang merata dan berkualitas bagi penduduk di wilayahnya.

Dari ketiga landasan hukum di atas, dapat disimpulkan bahwa negara Indonesia memiliki kewajiban yang besar dalam mewujudkan hak kesehatan bagi seluruh warga negaranya. Untuk itu, diperlukan kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan aksesibilitas, kualitas, dan kesetaraan dalam pelayanan kesehatan. Hanya dengan upaya bersama, visi kesehatan untuk semua dapat terwujud secara optimal di Indonesia.

Baja Juga :  Formasi Kebutuhan ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara TA 2023

Selengkapnya untuk download Pemenuhan Kebutuhan ASN Tenaga Kesehatan Tahun 2024 bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<