Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa dan Pesan Pahlawan 2023

Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa dan Pesan Pahlawan 2023
Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa dan Pesan Pahlawan 2023

Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa dan Pesan Pahlawan 2023

A. Latar Belakang Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa dan Pesan Pahlawan 2023

Semangat dan pengorbanan pahlawan-pahlawan masa lalu adalah sumber inspirasi berharga. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan Pahlawan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. Perjuangan hari ini tidak dibatasi hanya perjuangan dengan mengangkat senjata. Kini, makna perjuangan mencakup segala upaya melawan kemiskinan musuh kita bersama dan segala upaya dalam meningkatkan kesejahteraan.
Hari Pahlawan tahun 2023 mengambil tema : “SEMANGAT PAHLAWAN UNTUK MASA DEPAN BANGSA DALAM MEMERANGI KEMISKINAN DAN KEBODOHAN”.
Semangat Hari Pahlawan tidak hanya dirayakan setahun sekali, tetapi dapat menjadi pijakan dalam tindakan sehari-hari. Setiap tindakan kita, setiap keputusan ekonomi yang dibuat sudah sepatutnya menjadi bagian dari langkah mengobarkan semangat Pahlawan dalam membangun Ekonomi Nusantara, mewujudkan Indonesia menjadi lebih sejahtera.
Meminjam arti pahlawan ke dalam tema, maka Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) dapat dikatakan sebagai orang-orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membebaskan diri dari ketergantungan terhadap bantuan sosial Pemerintah (graduasi) dengan mengembangkan kemampuan berwirausaha.
Terhadap kegigihan para Pahlawan Ekonomi Nusantara dalam berjuang meningkatkan kesejahteraannya, kita memiliki harapan besar bahwa ke depan akan ada semakin banyak rakyat Indonesia yang mampu mengambil peran sebagai penggerak roda ekonomi negara, pencipta lapangan kerja, dan berkontribusi positif bagi kesejahteraan rakyat. Ekonomi pun diharapkan menjadi lebih inklusif ketika usaha-usaha kecil dilibatkan dan dikembangkan serta industri lokal didukung dan tumbuh menjadi pelaku-pelaku inovasi ekonomi yang bermanfaat nyata bagi masyarakat.
Dengan semangat Pahlawan Ekonomi Nusantara yang diwujudkan dalam tindakan nyata, kita berharap genderang peperangan terhadap kemiskinan terus ditabuh agar rakyat semakin sejahtera. Semangat Pahlawan Ekonomi Nusantara harus diwujudkan secara nyata, bukan hanya sekadar asa. Inilah yang akan membawa perubahan positif bagi Indonesia.

B. Dasar Hukum Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa dan Pesan Pahlawan 2023

  1. Undang-Undang Nomor : 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 20 Tahun 2009 tentang Gelar,Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.
  3. Undang-Undang Nomor : 9 Tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor : 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor : 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.
  5. Keputusan Presien RI No. 316 Tahun 1959 tentang Hari – hari Nasional yang bukan Hari Libur.
  6. Keputusan Presiden RI Nomor : 65 Tahun 1999 tentang Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/ Pemerintah Asing / Pimpinan Organisasi Internasional.
  7. Surat Menteri / Sekretaris Negara Nomor : B-329 / M-SESNEG / 8 / 74 tanggal 12 Agustus 1974 perihal Pelimpahan Pimpinan Pengendalian Peringatan Hari Pahlawan.
  8. Keputusan Menteri Sosial RI Nomor : HUK.3-48/108 Tahun 1975 tanggal 14 Juni 1975 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan 10 November yang pertama kali dilaksanakan oleh Departemen Sosial RI.
  9. Instruksi bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Menteri Sosial Nomor : 11 Tahun 1975, Nomor : 6/4/1975 dan Nomor : HUK/3-1-26/56 tanggal 29 April 1975 tentang Ziarah ke Taman Makam Pahlawan serta Museum-museum ABRI maupun Sipil bagi Pelajar dan Pramuka.
  10. Keputusan Menteri Sosial RI Nomor : 22/HUK/1997, tanggal 13 Mei 1997 tentang Pembinaan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kepeloporan.
  11. Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 1 tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Sosial RI.
  12. Keputusan Menteri Sosial RI Nomor :187/HUK/2023 tanggal 31 Oktober 2023 tentang Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023.
Baja Juga :  Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

C. Maksud dan Tujuan Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa dan Pesan Pahlawan 2023

1. Maksud :

Mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

2. Tujuan :

  • Membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

D. TEMA

“SEMANGAT PAHLAWAN UNTUK MASA DEPAN BANGSA DALAM MEMERANGI KEMISKINAN DAN KEBODOHAN”

E. LOGO

Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa dan Pesan Pahlawan 2023
Logo
Filosofi Logo Tema :
 
Pahlawan adalah orang yang merangkul orang lain demi tercapainya tujuan bersama dan tidak hanya memikirkan diri sendiri.
Selengkapnya untuk download Pedoman Hari Pahlawan Dengan Doa Dan Pesan Pahlawan bisa >>> DOWNLOAD DISINI <<<