Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Panduan Terbaru Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7: Mempermudah Penilaian dan Pelaporan Hasil Belajar Peserta Didik

Panduan Terbaru Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7: Mempermudah Penilaian dan Pelaporan Hasil Belajar Peserta Didik
Panduan Terbaru Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7: Mempermudah Penilaian dan Pelaporan Hasil Belajar Peserta Didik

Panduan Terbaru Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7: Mempermudah Penilaian dan Pelaporan Hasil Belajar Peserta Didik

Materilengkap.my.id | Panduan Terbaru Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7: Mempermudah Penilaian dan Pelaporan Hasil Belajar Peserta Didik. Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Untuk memastikan bahwa proses pendidikan berjalan lancar dan efisien, Kemendikbudristek telah meluncurkan Buku Panduan Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7. Panduan ini bertujuan sebagai pedoman bagi pengguna aplikasi e-Rapor SMK Versi 7, yang meliputi guru, wali kelas, kelas, dan administrator satuan pendidikan. Aplikasi e-Rapor SMK merupakan alat pengolahan laporan hasil belajar peserta didik dengan berbagai jenis akses pengguna.

Manfaat Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7:

  1. Mudahnya Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik: Aplikasi e-Rapor SMK memfasilitasi guru dalam mengelola hasil belajar peserta didik, termasuk cetak rapor semester, cetak rapor P5, cetak rapor PKL, dan cetak sertifikat UKK.

  2. Pendokumentasian Penilaian: Wali kelas dan bidang Kurikulum dapat dengan mudah mendokumentasikan penilaian di satuan pendidikan untuk berbagai jenis penilaian.

  3. Monitoring Asesmen: Kepala Satuan Pendidikan dapat melakukan pemantauan terhadap asesmen yang dilakukan oleh guru dan wali kelas dengan menggunakan aplikasi e-Rapor SMK.

  4. Integrasi dengan Data Pokok Kependidikan (Dapodik): Aplikasi ini memudahkan proses pengiriman data nilai peserta didik yang terintegrasi dengan Data Pokok Kependidikan (Dapodik).

Pembaharuan pada Versi 7 Aplikasi e-Rapor SMK:

  • Penggunaan Framework Terbaru: Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7 menggunakan Framework Laravel 9 dan VueJS 2 untuk meningkatkan performa loading aplikasi.

  • Penilaian Praktik Kerja Lapangan (PKL): Versi terbaru ini memungkinkan penilaian dan pelaporan hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) sesuai dengan Kurikulum Merdeka (Kurme).

  • Penilaian Sub Mata Pelajaran: Mata pelajaran yang memiliki sub materi sekarang dapat diinput oleh semua guru pengampu.

  • Metode Penilaian yang Ditingkatkan: Aplikasi ini menambahkan opsi metode penilaian asesmen sumatif lingkup materi dan sumatif akhir semester.

  • Kepembaruan Sesuai Dapodik 2024: Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7 telah disesuaikan dengan struktur aplikasi Dapodik versi 2024.

  • Automatisasi Sinkronisasi: Beberapa tombol sinkronisasi referensi Dapodik telah dihapus karena telah diotomatisasi dalam aplikasi e-Rapor.

Persyaratan Minimum:

Untuk menjalankan Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7, Anda memerlukan perangkat komputer dengan spesifikasi minimum yang telah ditentukan.

Kesimpulan:

Panduan Aplikasi e-Rapor SMK Versi 7 merupakan alat yang sangat berguna dalam dunia pendidikan, memungkinkan guru, wali kelas, dan administrator satuan pendidikan untuk mengelola dan melaporkan hasil belajar peserta didik dengan lebih efisien. Versi terbaru dari aplikasi ini juga membawa sejumlah perbaikan dan peningkatan yang akan membantu lebih baik dalam mengelola pendidikan di tingkat SMK. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunduh panduan tersebut melalui tautan yang tersedia. Semoga panduan ini bermanfaat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baja Juga :  Kampus dan Industri Ajak Praktisi Sukseskan Terobosan Merdeka Belajar Episode Ke-20