Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)
Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)

ASESMEN | Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)

Dalam proses pembelajaran seyogianya peserta didik yang menjadi fokus. Usaha untuk memahami peserta didik dan menjadikan mereka pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik. Pendidik berperan memfasilitasi proses mencapai tujuan tersebut.
Untuk itu penting bagi pendidik untuk memiliki kemampuan merancang pembelajaran, agar mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.
Ketika peserta didik menjadi seorang pelajar yang merdeka, interaksi pendidik dan peserta didik akan berubah. Peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan pada proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik baik kepada diri sendiri, peserta didik lain serta kepada pendidik.
Proses merancang pembelajaran merupakan proses penting yang berdampak pada keberhasilan pembelajaran, oleh sebab itu buku panduan ini disusun. Sasaran pengguna buku panduan ini adalah pendidik, isi dari buku panduan mencakup penjelasan mengenai komponen-komponen, prinsip pembelajaran dan asesmen, tahapan, kriteria output setiap tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen, strategi serta contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran dan asesmen pada pembelajaran paradigma baru.

Buku panduan ini berfungsi sebagai salah satu sumber informasi, sehingga penjelasan mengenai strategi, contoh-contoh serta format dalam dokumen ini bukan merupakan sesuatu yang bersifat regulatif. Pendidik dapat menggunakan sumber rujukan, strategi dan format lain untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran dan asesmen, selama hasil yang diharapkan memenuhi kriteria output pada setiap tahapan dan memenuhi prinsip pembelajaran dan asesmen yang telah ditetapkan dalam Kepmendikbud-Ristek tentang Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan buku panduan ini. Harapan kami buku panduan ini dapat memberikan manfaat bagi pendidik, satuan pendidikan, masyarakat, dan tentunya peserta didik sebagai subjek utama pembelajaran.

Baja Juga :  3 SOSOK PEREMPUAN MUDA INSPIRATIF INDONESIA

Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran
Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Asrijanty, Ph.D.