Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM IMPELEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM IMPELEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH
LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM IMPELEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

MATERILENGKAP | LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM IMPELEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM IMPELEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

MEMAHAMI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA

  • Regulasi mengenai Kurikulum Merdeka yang berlaku
  • Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran
  • Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah
  • Regulasi tentang pendidikan Inklusif di Madrasah yang meliputi PMA 90/2013 tentang Penyelenggaraan Madrasah, PMA 60/2015 tentang Perubahan atas PMA 60/2013, Kepdirjen Pendis No. 604/2022 tentang Juknis Penetapan Madrasah Inklusif, Kepdirjen Pendis No. 758/2022 tentang Pendoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Madrasah.
  • Pemerintah juga menyiapkan Capaian Pembelajaran SLB yang dapat digunakan PDBK di Madrasah.
  • Pembelajaran Berdiferensiasi menjadi poin penting dalam regulasi Kurikulum Merdeka.

KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH

  • Komponen 1: Analisis Karakterisitik/Kekhasan Madrasah Dalam melakukan Analisis Karakteristik/Kekhasan Madrasah, perlu melihat kekuatan dan kelemahan: Apakah madrasah sudah melakukan layanan terhadap PDBK, penyiapan GPK, serta sarana prasarana yang ramah terhadap penyandang Disabilitas?
  • Komponen 2: Visi Misi Tujuan Dalam menyusun Visi, Misi dan Tujuan Madrasah, perlu melibatkan stakeholder terkait contoh orang tua PDBK
  • Komponen 3: Pengorganisasian Pembelajaran
    1. Struktur Kurikulum sama dengan Struktur Kurikulum RA, MI, MTs, MA/MAK dengan penyesuaian kebutuhan PDBK
    2. Program Pendidikan Individual disusun berdasarkan hasil IAP
    3. Program Kebutuhan Khusus untuk memaksimalkan indera yang dimiliki dan mengatasi keterbatasannya:
      • Tunanetra: Pengembangan Orientasi, Mobilitas, Sosial, dan Komunikasi (OMSK)
      • Tunarungu: Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi, dan Irama (PKPBI)
      • Tunagrahita: Pengembangan Diri
      • Tunadaksa: Pengembangan diri dan gerak
      • Autis: Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku.
KLIK LINK DIBAWAH UNTUK UNDUH