Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan

Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan
Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan

Materilengkap | Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan

Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan

Dalam upaya meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadhan 1445 H/2024 M, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah mengeluarkan Keputusan Nomor 2762 Tahun 2023 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024. Berikut adalah rangkuman kebijakan yang akan diterapkan:

  1. Pengaturan Awal Ramadhan: Kegiatan pembelajaran pada tanggal 1 Ramadhan 1445 H/2024 M diliburkan, dengan siswa dijadwalkan untuk masuk kembali pada hari kedua Ramadhan 1445 H, menunggu ketetapan resmi dari Pemerintah.

  2. Libur dan Kegiatan Spesial: Libur permulaan dan akhir bulan Ramadhan, serta libur yang berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri dan libur umum, akan disesuaikan dengan keputusan resmi Pemerintah.

  3. Tujuan Pembelajaran: Kegiatan pembelajaran selama bulan Ramadhan akan difokuskan pada peningkatan keimanan, ketakwaan, pendalaman, pemahaman, dan keterampilan ibadah.

  4. Program Tambahan: Setiap madrasah diberikan keleluasaan untuk menyelenggarakan program bimbingan ibadah Ramadhan dan penguatan kompetensi beragama yang terkait dengan pelaksanaan puasa. Program ini dapat berupa Pesantren Ramadhan atau kegiatan pembinaan keagamaan lainnya.

  5. Penyesuaian Jadwal: Pengaturan jam belajar selama bulan Ramadhan akan diatur oleh Kepala Madrasah, dengan memperhatikan ketetapan dari pemerintah dan/atau daerah.

  6. Sosialisasi: Penting untuk segera mensosialisasikan kebijakan ini ke seluruh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan madrasah di daerah kerja masing-masing, agar dapat dijalankan dengan baik.

Dengan implementasi kebijakan ini, diharapkan pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadhan dapat menjadi momen yang efektif untuk meningkatkan spiritualitas dan keterampilan beribadah siswa. Semoga kerjasama dari semua pihak dapat memastikan keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama bulan suci ini. Unduh informasi terkait disini

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang diberikan, kami mengucapkan terima kasih.

Baja Juga :  Keutamaan Shalat Tarawih dari Hari ke 1 - 30 dibulan Ramadhan 1443