Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
PPDB  

Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2024

Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB)
Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB)

Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2024. Kementerian Agama (Kemenag) telah menegaskan komitmennya untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berbasis keagamaan di Indonesia. Salah satu upaya konkret yang dilakukan adalah memberikan petunjuk teknis terkait Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) guna memastikan akses pendidikan yang bermutu, transparan, dan berkeadilan.

Latar Belakang Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2024

Komitmen Kementerian Agama dalam meningkatkan akses dan mutu pendidikan umum berbasis agama, khususnya di madrasah, merupakan langkah penting untuk memenuhi hak pendidikan warga negara. Madrasah, yang mencakup beragam tingkatan dari Raudhatul Athfal hingga Madrasah Aliyah Kejuruan, baik negeri maupun swasta, menjadi fokus utama dalam upaya peningkatan akses pendidikan.

Tujuan Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2024

Petunjuk Teknis PPDBM Madrasah ditujukan untuk:

  1. Memberikan pedoman bagi instansi terkait dalam pelaksanaan PPDBM.
  2. Memandu kepala madrasah, orang tua siswa, serta masyarakat dalam pelaksanaan PPDBM.
  3. Memastikan proses penerimaan peserta didik baru di madrasah berlangsung secara objektif, transparan, dan tanpa diskriminasi untuk meningkatkan akses layanan pendidikan yang berkeadilan.
Baja Juga :  5 Desain Brosur PPDB Tahun Ajaran 2023/2024: Download Gratis dan Mudah Diedit

Ruang Lingkup Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2024

Petunjuk Teknis ini mencakup tata cara penerimaan peserta didik pada berbagai tingkatan madrasah, mulai dari Raudhatul Athfal hingga Madrasah Aliyah Kejuruan.

Pengertian Umum Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2024

Dalam rangka memahami petunjuk teknis ini, beberapa pengertian umum yang perlu diketahui, seperti definisi PPDBM, madrasah, dan sejumlah istilah terkait proses pendidikan di madrasah.

Implementasi Petunjuk Teknis

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan petunjuk teknis terkait PPDBM dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) untuk tahun pelajaran 2024/2025. Langkah-langkah implementasi yang ditekankan dalam petunjuk tersebut antara lain:

  • Penyebarluasan petunjuk kepada instansi terkait dan madrasah di seluruh Indonesia.
  • Koordinasi, sinkronisasi, dan fasilitasi pelaksanaan PPDBM dan SNPDB berbasis teknologi di setiap wilayah.
  • Instruksi kepada kepala madrasah untuk mendaftarkan perwakilan peserta didiknya ke institusi terkait.
  • Sosialisasi PPDBM dan SNPDB kepada pihak terkait secara offline dan online.
  • Pengawasan, pemantauan, dan pembentukan tim khusus untuk memastikan kelancaran proses PPDBM dan SNPDB.
  • Penyediaan kanal pengaduan untuk menyelesaikan permasalahan terkait PPDBM dan SNPDB.

Baca juga: Peran dan Kewajiban Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan PPDB

Penutup Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2024

Komitmen Kementerian Agama untuk memperkuat sistem pendidikan di madrasah melalui PPDBM yang transparan dan berkeadilan menjadi landasan utama dalam mencapai akses pendidikan yang merata dan bermutu bagi seluruh warga negara. Dukungan dari berbagai pihak diharapkan untuk memastikan suksesnya implementasi petunjuk teknis ini demi masa depan pendidikan yang lebih baik.

Baja Juga :  Tutorial Aplikasi E-PPDB V 2.2.0 Lengkap Untuk Semua Jejang Tahun 2023

Baca juga : 5 Desain Brosur PPDB Tahun Ajaran 2023/2024: Download Gratis dan Mudah Diedit

Artikel ini disusun dengan tujuan mendukung peningkatan pemahaman terkait Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah 2024 (PPDBM 2024) dan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru 2024 (SNPDB 2024), serta memperjelas langkah-langkah implementasinya.

Unduh lengkap dokumen Juknis disini


Artikel ini fokus pada poin-poin penting dari petunjuk teknis tersebut, memastikan informasi tersampaikan secara jelas dan menggambarkan komitmen serta langkah konkret Kementerian Agama dalam meningkatkan akses dan mutu pendidikan di madrasah.