Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Jelang Ujian CBT SNPDB, Kemenag Gelar Simulasi di 173 Titik Lokasi

Jelang Ujian CBT SNPDB, Kemenag Gelar Simulasi di 173 Titik Lokasi
Jelang Ujian CBT SNPDB, Kemenag Gelar Simulasi di 173 Titik Lokasi

Materilengkap | Jelang Ujian CBT SNPDB, Kemenag Gelar Simulasi di 173 Titik Lokasi

Jelang Ujian CBT SNPDB, Kemenag Gelar Simulasi di 173 Titik Lokasi

Jelang Ujian CBT SNPDB, Kemenag Gelar Simulasi di 173 Titik Lokasi

Dalam rangka meningkatkan kualitas seleksi nasional penerimaan peserta didik baru (SNPDB), Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menggelar simulasi tes Computer Based Test (CBT) pada Kamis, 29 Februari 2024. Simulasi ini menjadi persiapan menyeluruh menjelang pelaksanaan ujian yang sebenarnya, yang dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari berturut-turut, tanggal 2 dan 3 Maret 2024.

Dalam penjelasannya, Direktur KSKK Madrasah, Muchammad Sidik Sisdiyanto, mengungkapkan bahwa dari total 31.990 pendaftar, 79 peserta telah dinyatakan lolos melalui jalur prestasi, sementara 25.393 peserta telah lulus tahap administrasi dan siap mengikuti seleksi berikutnya, yaitu ujian CBT. Seluruh peserta diharuskan untuk mengikuti simulasi ujian CBT di lokasi masing-masing. Untuk tahun ini, lokasi tes tersebar di 173 titik dan 1.469 ruangan. Simulasi tersebut terbagi menjadi empat sesi pada hari yang sama.

Lebih lanjut, Sidik menekankan bahwa tujuan dari simulasi ini adalah untuk memastikan pelaksanaan ujian yang akuntabel, transparan, dan kompetitif. Hal ini sejalan dengan upaya untuk menguji kehandalan aplikasi CBT yang digunakan guna meminimalkan kemungkinan permasalahan teknis pada hari tes. Simulasi juga menjadi sarana untuk memastikan akses lancar ke aplikasi CBT di seluruh 173 titik lokasi ujian.

Dalam hal penilaian, Sidik menjelaskan bahwa tes CBT menggunakan metode pembobotan atau Item Response Theory (IRT), sementara peserta pendaftar MAN Program Keagamaan (MAN PK) akan melalui tes wawancara sebagai bagian dari penilaian kompetensi baca Al Quran dan kitab berbahasa Arab.

Imam Bukhori, Kasubdit Kesiswaan Madrasah, berharap bahwa simulasi ini tidak hanya meningkatkan kesiapan teknis peserta menghadapi ujian CBT, tetapi juga kesiapan mental mereka. Ia menjamin peserta dan orang tua mereka bahwa pihaknya telah menyiapkan helpdesk sebagai pusat bantuan yang siap memberikan dukungan teknis maupun moral selama pelaksanaan tes. Helpdesk ini berbasis di Surabaya, Jawa Timur, dan siap memberikan bantuan jika terjadi kendala selama proses ujian.

Baja Juga :  Cara Cetak Kartu Ujian Seleksi Akademik PPG Kemenag

Dengan adanya simulasi ini, diharapkan proses seleksi nasional penerimaan peserta didik baru dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang akurat serta adil bagi seluruh peserta. Simulasi ini juga menjadi bentuk komitmen pihak terkait untuk terus meningkatkan kualitas dan transparansi dalam proses seleksi nasional.