Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Jadwal Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Kepala Sekolah dan Guru

Jadwal Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Kepala Sekolah dan Guru
Jadwal Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Kepala Sekolah dan Guru

Jadwal Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Kepala Sekolah dan Guru

Materilengkap.my.id | Jadwal Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Kepala Sekolah dan Guru. Berikut ini adalah jadwal lengkap Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 untuk Kepala Sekolah dan Guru.

Survei Lingkungan Belajar menjadi salah satu komponen dalam Asesmen Nasional (AN) Tahun 2023. Secara khusus, Survei Lingkungan Belajar merupakan pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Sebagai bagian dari Evaluasi Sistem Pendidikan, Survei Lingkungan Belajar ini diharapkan secara konstruktif memberikan informasi dan pemahaman tentang keadaan dan tantangan pendidikan pada jenjang dasar dan menengah, sekaligus sebagai masukan untuk memformulasikan kebijakan pendidikan dasar dan menengah di masa depan.

Hasil Survei Lingkungan Belajar dengan sendirinya menjadi ukuran dasar dalam menafsirkan ulang kerangka kerja pendidikan dasar dan menengah mulai dari level kebijakan hingga pada tataran teknis di Satuan Pendidikan.

Survei Lingkungan Belajar mengukur faktor-faktor yang memengaruhi pembelajaran, baik faktor yang secara langsung maupun tidak langsung. Faktor yang secara langsung mempengaruhi pembelajaran, misalnya cara guru melaksanakan pembelajaran di kelas, sedangkan secara tidak langsung, seperti kepemimpinan kepala satuan pendidikan, iklim keamanan, dan iklim kebinekaan.

Oleh karena itu, Survei Lingkungan Belajar bertujuan mengukur kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikanSurvei Lingkungan Belajar akan mengukur iklim keamanan, iklim inklusivitas dan kebinekaan, dan kualitas pembelajaran pada tiap-tiap satuan pendidikan.

Baja Juga :  Pelatihan Mandiri Bersertifikat: Dibuka Pendaftaran Pelatihan Kurikulum Merdeka pada Madrasah Angkatan 2 Menggunakan Aplikasi PINTAR

Sulingjar sebagai alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan Satuan Pendidikan, dalam pelaksanaannya dibagi dua, yaitu Instrumen Sulingjar untuk Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan, serta Instrumen Sulingjar untuk peserta didik.

Jadwal pelaksanaan Sulingjar untuk peserta didik menyesuaikan dengan jadwal pelaksanaan AN dengan mekanisme pengerjaannya mengikuti moda pelaksanaan AN di masing-masing Satuan Pendidikan, dan terdapat pengawas ruang.

Sedangkan jadwal pelaksanaan Sulingjar untuk Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan lebih fleksibel dan diberikan alokasi waktu yang lebih panjang (± dua minggu) dengan mekanisme pengerjaan secara daring tanpa pengawasan dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang terdapat akses internet.

Partisipasi setiap Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan di dalam Sulingjar tersebut akan mempengaruhi akurasi gambaran umum iklim belajar dan iklim Satuan Pendidikan. Hasil Sulingjar akan dilaporkan sebagai hasil Satuan Pendidikan dan tidak dilaporkan sebagai hasil individu peserta didik maupun Pendidik dan Kepala Satuan Pendidikan.

Selanjutnya hasil Sulingjar tersebut akan dijadikan sebagai bagian dari data profil pendidikan dan rapor pendidikan untuk masing-masing Satuan Pendidikan dan pemerintah daerah, yang memberikan gambaran kualitas/mutu pendidikan masing-masing.

Lebih lanjut data profil dan rapor pendidikan yang diperoleh dari hasil Sulingjar, serta beberapa sumber data lainnya, dapat diidentifikasi terkait indikator-indikator capaian yang sudah baik dan masih kurang, kemudian dijadikan bahan refleksi untuk membenahi kualitas pembelajaran dan iklim pembelajaran di Satuan Pendidikan.

Prosedur Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Setelah mendapatkan kartu login, guru dan kepala sekolah dapat melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).

Berikut ini adalah prosedur dalam pengisian Survei Lingkungan Belajar.

1. Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis

Baja Juga :  Buku Manual Panduan Pendataan Calon Peserta Asesmen Nasional Jenjang SMK Tahun 2022

2. Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login Sulingjar

3. Kartu login didapatkan dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard Sulingjar.

4. Halaman dashboard Survei Lingkungan Belajar dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/

5. Apabila bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pengisian survei lingkungan belajar dilakukan pada setiap tempat penugasan

Aspek Pengukuran Survei Lingkungan Belajar

Di dalam pelaksanaaannya, Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh kepala sekolah dan guru yang terdata di Dapodik. Kegiatan pengisian tersebut untuk mengumpulkan informasi seputar input, proses dan lingkungan belajar.

Terdapat lima aspek yang diukur dalam Survei Lingkungan Belajar, yaitu iklim keamanan sekolah, iklim kebhinekaan sekolah, iklim sosial ekonomi, kualitas pembelajaran, dan pengembangan guru.

Berikut ini aspek yang diukur dalam Survei Lingkungan Belajar dan indikator pengukurannya.

1. Iklim keamanan sekolah

a. Keamanan dan kesejahteraan peserta didik sikap

b. Keyakinan guru kebijakan dan program sekola

2. Iklim kebhinekaan sekolah

a. Praktik multikultural di kelas sikap

b. Keyakinan guru maupun kepala sekolah kebijakan dan program sekolah.

3. Indeks sosial ekonomi

a. Pendidikan orang tua

b. Profesi orang tua

c. Fasilitas belajar di rumah.

4. Kualitas pembelajaran

a. Manajemen kelas

b. Dukungan afektif

c. Aktivitas konekti

5. Pengembangan guru

a. Refleksi dan pengembangan pembelajaran

b. Dukungan untuk refleksi guru.

Jadwal Survei Lingkungan Belajar

Berdasarkan jadwal yang telah dirilis oleh Kemendikburistek, Sulingjar Tahun 2023 untukjenjang PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK rencananya akan dilaksanakan pada bulan September dan Oktober 2023.

Jadwal Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 untuk Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik dapat dilihat pada tabel berikut.

Baja Juga :  Cek Pengumuman Hasil UM-PTKIN 2023

Jadwal Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023

Jadwal Pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar Tahun 2023.

1. Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Jenjang SMA/SMK/SMALB/Paket C Sederajat Tahun 2023

Jadwal pengisian Survei Lingkungan Belajar Tahun 2023 untuk jenjang SMA/SMK/SMALB/Paket C Sederajat dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai dengan 24 September 2023.

2. Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Jenjang SMP/SMPLB/Paket B Sederajat

Pengisian Survei Lingkungan Belajar ANBK Tahun 2023 untuk SMP/SDLB.Paket B Sederajat dijadwalkan mulai tanggal 25 September sampai dengan 8 Oktober 2023.

3. Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Jenjang SD/SDLB/Paket A Sederajat Tahun 2023

Pelaksanaan pengisian Survei Lingkungan Belajar Tahun 2023 untuk SD/SDLB/Paket A Sederajat dimulai dari tanggal 9 sampai dengan 22 Oktober 2023.

4. Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2023 Jenjang PAUD Tahun 2023

Pengisian Survei Lingkungan Belajar Tahun 2023 untuk jenjang PAUD akan dilaksanakan mulai tanggal 25 September sampai dengan 22 Oktober 2023.

Demikian jadwal lengkap Survei Lingkungan Belajar Tahun 2023 untuk Kepala Sekolah dan Guru. Semoga bermanfaat.

Kunjungi Link Sulingjar