Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional ke-40 di Iran 2024

Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional ke-40 di Iran
Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional ke-40 di Iran

Materilengkap | Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional ke-40 di Iran 2024

Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional ke-40 di Iran 2024

Indonesia Raih Peringkat 3 MTQ Internasional ke-40 di Iran

Indonesia kembali memperoleh kebanggaan di kancah internasional melalui prestasi gemilang yang diraih oleh Nuriah Jurian Arga, seorang hafizah Al-Qur’an berbakat asal Kalimantan Selatan. Pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-40 yang diselenggarakan di Teheran, Iran, pada tanggal 15 hingga 21 Februari 2024, Nuriah berhasil meraih peringkat ketiga.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur’an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty, menyambut gembira prestasi yang diraih oleh Nuriah Jurian Arga. Ia menekankan bahwa MTQ Internasional ke-40 di Teheran merupakan sebuah ajang yang sangat bergengsi dan kompetitif.

Menurut Rijal, perjalanan Nuriah untuk mencapai prestasi ini tidaklah mudah. Ia harus melalui serangkaian tahapan yang dimulai dari babak penyisihan daring pada September dan Desember 2023, hingga akhirnya mencapai fase final yang diadakan secara langsung di Teheran.

Rijal juga menjelaskan bahwa penilaian dalam kompetisi ini mempertimbangkan beberapa faktor, termasuk siapa saja kompetitor yang berpartisipasi serta kriteria dan standardisasi yang tinggi. Nuriah, yang sebelumnya juga telah meraih juara dalam ajang MTQ Nasional 2022, dinilai memenuhi semua kriteria tersebut.

Prestasi gemilang yang diraih oleh Nuriah diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia lainnya untuk mengejar prestasi di bidang Tilawatil Qur’an. Rijal berharap bahwa prestasi ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan lagi dengan adanya pembinaan lebih lanjut untuk mencetak hafiz dan hafizah Indonesia lainnya yang mampu bersaing di tingkat internasional.

Dalam ajang MTQ Internasional ke-40 di Teheran, Indonesia juga mengirimkan perwakilan untuk cabang tilawah putra, yaitu Khadar Raswadi Rasyid, yang merupakan utusan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) DKI Jakarta.

Baja Juga :  Pengumuman Pembatalan Kelulusan Peserta Pada Seleksi CPPPK Hasil Optimalisasi Tahun Anggaran 2022

Dengan torehan prestasi ini, Indonesia sekali lagi membuktikan kemampuan dan bakat yang dimiliki dalam bidang keagamaan, serta memperoleh apresiasi atas dedikasi dan kerja keras para peserta dalam menghafal dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Prestasi Nuriah Jurian Arga merupakan bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam menyebarkan nilai-nilai Al-Qur’an di kancah internasional.