Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

Hari Perempuan Internasional 2023 Usung Tema Kesetaraan Gender pada Teknologi Digital

Hari Perempuan Internasional 2023 Usung Tema Kesetaraan Gender pada Teknologi Digital
Hari Perempuan Internasional 2023 Usung Tema Kesetaraan Gender pada Teknologi Digital

MATERILENGKAP.MY.ID | Hari Perempuan Internasional 2023 Usung Tema Kesetaraan Gender pada Teknologi Digital

Halo, Sobat Materi Lengkap! Setiap tanggal 8 Maret, dunia merayakan Hari Perempuan Internasional atau yang dikenal juga dengan International Women’s Day. Dilansir dari situs UN Women, salah satu entitas PBB untuk Kesetaraan Jender dan Pemberdayaan Perempuan, Hari Perempuan Internasional 2023 mengusung tema “DigitALL: Innovation and Technology for Gender Equality”.

Pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi kesenjangan gender yang terjadi kepada perempuan terhadap akses teknologi. Representasi mereka yang kurang dalam pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering and Math) serta karier di bidang teknologi digital tetap menjadi penghalang utama bagi partisipasi mereka dalam desain dan tata kelola teknologi.

Selain kesenjangan gender pada pendidikan dan karier teknologi, dunia digital juga kurang memberikan keleluasaan akibat ancaman kekerasan online berbasis gender. Selain itu, ditambah dengan kurangnya bantuan hukum untuk kasus-kasus kekerasan daring.

Pada saat yang sama, teknologi digital membuka pintu baru bagi pemberdayaan perempuan, anak perempuan, dan kelompok terpinggirkan lainnya secara global. Dari pembelajaran digital yang responsif gender hingga layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang difasilitasi teknologi, era digital telah menunjukkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk menghilangkan segala bentuk kesenjangan dan ketidaksetaraan.

Pada momen Hari Perempuan Internasional ini, mari bersama-sama kita serukan dan memberikan dukungan agar dunia digital lebih aman, lebih inklusif, dan lebih adil. Dalam menghadapi berbagai krisis global, kita memiliki peluang untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, tidak hanya untuk perempuan dan anak perempuan, tetapi untuk seluruh umat manusia dan semua kehidupan di Bumi. Selamat Hari Perempuan Internasional, Sobat Materi Lengkap!