Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Hari Gizi Nasional 2023: Protein Hewani Cegah Stunting

Hari Gizi Nasional 2023: Protein Hewani Cegah Stunting
Hari Gizi Nasional 2023: Protein Hewani Cegah Stunting

MATERILENGKAP.MY.ID. Hari Gizi Nasional 2023: Protein Hewani Cegah Stunting. Halo, Sobat Materi Lengkap! Setiap tanggal 25 Januari, kita selalu memperingati Hari Gizi Nasional. Di tahun 2023 ini, tema Hari Gizi Nasional adalah “Protein Hewani Cegah Stunting”. Tema tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus stunting yang terjadi pada anak akibat berbagai faktor, termasuk kurangnya asupan protein hewani.

Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu stunting. Mengutip laman Kementerian Kesehatan RIstunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka waktu lama, paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan stunting dapat terjadi, misalnya rendahnya akses terhadap makanan bergizi, kurangnya asupan vitamin dan mineral, buruknya sanitasi dan akses terhadap layanan kesehatan, dan juga buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani.

Plt. Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan Ni Made Diah mengatakan penyebab utama permasalahan gizi adalah asupan gizi yang tidak optimal dan infeksi berulang.

“’Studi yang dilakukan oleh Headey et.al (2018) menyatakan bahwa ada bukti kuat hubungan antara stunting dan konsumsi pangan hewani pada balita 6-23 bulan, seperti susu/produk olahannya, daging/ikan dan telur. Penelitian tersebut juga menunjukkan konsumsi pangan berasal dari protein hewani lebih dari satu jenis lebih menguntungkan daripada konsumsi satu jenis pangan hewani. Protein hewani penting dalam penurunan stunting,” ujar Diah seperti yang dikutip dari laman Kemenkes.

Protein hewani memang diperlukan oleh tubuh yang salah satunya efektif dalam pencegahan stunting. Untuk itu, Sobat Materi Lengkap dapat mendapat asupan protein hewani dari berbagai makanan seperti daging ruminansia (daging sapi, daging kambing, daging rusa, dsb.), daging unggas (daging ayam, daging bebek, dsb.), ikan termasuk seafood, telur dan susu serta hasil olahnya. Agar lebih efektif lagi, sebisa mungkin kita mencoba menerapkan gizi seimbang.

Baja Juga :  Tips Mengatasi Mata Kering di Malam Hari

Nah, Sobat Materi Lengkap, momen Hari Gizi Nasional 2023 ini dapat menjadi refleksi bagi kita agar lebih peduli lagi terhadap kasus stunting yang terjadi di Tanah Air. Mari kampanyekan asupan gizi seimbang, terutama protein hewani untuk mendukung Indonesia yang bebas dari stunting. Selamat Hari Gizi Nasional, Sobat Materi Lengkap!

Referensi:

https://www.kemkes.go.id/article/view/23012200002/protein-hewani-efektif-cegah-anak-alami-stunting.html

http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf