Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Download Modul Kurikulum Merdeka Jenjang SD

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Jenjang SD
Modul Ajar Kurikulum Merdeka Jenjang SD

MATERILENGKAP.MY.ID – Download Modul Kurikulum Merdeka Jenjang SD

Kurikulum Merdeka adalah dikandung makna Merdeka Belajar yang berkonsep agar siswa bisa memperdalam lebih leluasa mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing. Misalnya, jika dua anak dalam satu keluarga memiliki minat yang berbeda, maka tolak ukur yang dipakai untuk menilai tidak sama.

Kemudian anak juga tidak bisa dipaksakan mempelajari suatu hal yang tidak disukai. Dan akhirnya Kurikulum Prototipe akan memberikan otonomi dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah.

Di dalam Kurikulum Merdeka, modul ajarย  merupakan salah satu instrumen penting pada proses dan mencapai tujuan pembelajaran. Itu itu modul ajar perlu dikembangkan dengan mengacu capaian pembelajaran untuk mencapai sasaran utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka yakni profil pelajar Pancasila.

Sehingga penyusunan modul ajar dalam Kurikulum Merdeka harus dilakukan dengan menyesuaikan tahapan perkembangan siswa serta mempertimbangan tujuan pembelajaran untuk perkembangan pendidikan dalam jangka panjang.

Modul ajar sendiri adalah sarana maupun pedoman yang dirancang secara khusus dan sistematis untuk menunjang aktivitas proses pembelajaran sehingga terasa menarik dan menyenangkan buat peserta didik.

Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Dalam pengembangan modul ajar yang ada di Kurikulum Merdeka, guru diberikan keleluasaan untuk mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan dan karakter konteks lingkungan sekolah masing-masing.

Komponen yang terdapat pada modul ajar Kurikulum Merdeka disusun secara ringkas yang terdiri atas:

Informasi Umum tentang Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Informasi umum dalam modul ajar berisi identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, target siswa dan model pembelajaran yang akan digunakan. Penjabarannya meliputi:

Baja Juga :  Kumpulan Modul SMP Untuk Kelas VIII dan IX Tahun 2022

  • Alokasi waktu yang digunakan mengacu pada jam pelajaran yang berlaku.
  • Kompetensi awal berupa pengetahuan yang dimiliki siswa sebelum mempelajari tiap topik.
  • Profil pelajar Pancasila terkait dengan pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Sarana dan prasarana terkait dengan fasilitas yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran mulai dari alat pembelajaran hingga sumber bahan pelajaran yang relevan.
  • Target peserta didik diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesulitan tiap siswa dalam memahami materi pelajaran.
  • Model pembelajaran adalah kerangka belajar yang menjadi gambaran pelaksanaan pembelajaran baik melalui tatap muka, daring maupun luar jaringan.

Komponen Inti

Berisi tujuan pembelajaran, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajaran, asesmen serta pengayaan. Penjabarannya sebagai berikut:

  • Tujuan pembelajaran harus mengacu pada hal yang utama dari pelaksanaan pembelajaran yang menjadi faktor penentu kegiatan pembelajaran serta sumber daya yang digunakan.
  • Pertanyaan pemantik dibuat langsung oleh guru untuk membangun rasa keingintahuan siswa dan mengolah daya pikir kritisnya.
  • Kegiatan pembelajaran berisi langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan menyesuaikan kebutuhan belajar tiap siswa.
  • Asesmen dilakukan untuk mengukur hasil dari pencapaian dalam pelaksanaan proses pembelajaran di akhir kegiatan pembelajaran. Meski demikian, kriteria pencapaiannya harus berdasarkan dengan tujuan pembelajaran.

Lampiran

Berisi lembar kerja siswa, bahan bacaan sebagai referensi guru dan siswa, glosarium dan daftar pustaka yang ada pada modul ajar yang disusun oleh guru.

Secara lengkap dapat dipelajari pada file berikut ini:

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar Bahasa Indonesia

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar Bahasa Inggris

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar IPAS

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar Matematika

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar PA Islam dan Budi Pekerti

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar Pendidikan Kepercayaan

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar PJOK

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar PPKn Tahap I

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar PPKn Tahap II

Baja Juga :  Pemanfaatan Konsep Kesebangunan 2 Segitiga dalam Aktivitas Sehari-hari

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar Seni Musik

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar Seni Rupa

๐Ÿ‘‰ย Modul Ajar Seni Tari

Demikian ulasan singkat materi Download Modul Kurikulum Merdeka Jenjang SDย semoga membawa manfaat, serta kami sangat berterima kasih atas waktu yang digunakan oleh pengunjung untuk berbagi ilmu, dan saya berharap kritikan, saran, serta masukan demi kemajuan saya pribadi untuk mengembangkan ilmu yang bermanfaat di media ini.