Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

Cara Belajar Anak Yang Baik di Usia 1-10 Tahun

Cara Belajar Anak Yang Baik di Usia 1-10 Tahun
Cara Belajar Anak Yang Baik di Usia 1-10 Tahun

MATERILENGKAP.MY.ID. Cara Belajar Anak Yang Baik di Usia 1-10 Tahun

Untuk anak usia 1-10 tahun, waktu belajar yang baik adalah ketika mereka merasa segar dan bugar serta bersemangat untuk belajar. Pada usia ini, anak-anak cenderung memiliki perhatian yang pendek, sehingga penting untuk memilih waktu belajar yang tepat agar mereka dapat fokus dan menyerap informasi dengan baik. Berikut beberapa saran waktu belajar yang baik untuk anak usia 1-10 tahun:

  1. Pagi hari: Anak-anak cenderung lebih segar dan bugar di pagi hari setelah tidur malam yang cukup. Waktu pagi juga dapat membantu mereka membentuk kebiasaan belajar yang baik untuk sepanjang hari.
  2. Setelah makan: Setelah makan, tubuh anak-anak cenderung merasa tenang dan rileks. Ini bisa menjadi waktu yang baik untuk belajar, karena mereka tidak merasa lapar atau kelelahan.
  3. Sesi pendek: Anak-anak memiliki perhatian yang pendek, sehingga sebaiknya belajar dalam sesi pendek yang diikuti dengan istirahat. Misalnya, belajar selama 20-30 menit, diikuti dengan istirahat selama beberapa menit.
  4. Tidak setelah kegiatan fisik yang melelahkan: Jika anak-anak berpartisipasi dalam kegiatan fisik yang melelahkan, sebaiknya tidak langsung melakukan belajar setelahnya. Anak-anak akan membutuhkan waktu untuk pulih dan mendapatkan energi kembali.
  5. Pada waktu yang sama setiap hari: Membentuk rutinitas belajar pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu anak-anak membentuk kebiasaan belajar yang baik.
  6. Selama liburan: Liburan adalah waktu yang baik untuk belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru. Anak-anak dapat lebih terbuka untuk belajar tanpa tekanan dari tugas sekolah.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Orangtua atau pengasuh dapat mencoba beberapa waktu belajar yang berbeda dan menentukan waktu yang paling efektif untuk anak mereka.