Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

ASEAN: Menggagas Kerjasama dan Solidaritas di Asia Tenggara

ASEAN: Menggagas Kerjasama dan Solidaritas di Asia Tenggara
ASEAN: Menggagas Kerjasama dan Solidaritas di Asia Tenggara

ASEAN: Menggagas Kerjasama dan Solidaritas di Asia TenggaraASEAN, singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, lahir pada 8 Agustus 1967, ditandai dengan Deklarasi Bangkok. Lima negara pendiri – Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand – menandatangani deklarasi itu, menegaskan komitmen mereka untuk meningkatkan kerjasama dalam ekonomi, keamanan, dan budaya.

ASEAN: Menggagas Kerjasama dan Solidaritas di Asia Tenggara

Deklarasi tersebut menegaskan komitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menjaga perdamaian, dan meningkatkan kerjasama di berbagai bidang. Faktanya, berdirinya ASEAN bukan hanya karena semangat kerjasama formal, tapi juga didasarkan pada persamaan dan perbedaan yang memperkuat kekuatan di antara negara-negara Asia Tenggara.

ASEAN: Menggagas Kerjasama dan Solidaritas di Asia Tenggara

Beberapa faktor kunci yang mendorong terbentuknya ASEAN:

1. Sumber Daya Alam

Kesamaan dan perbedaan dalam sumber daya alam menjadi dasar bagi kerjasama ekonomi. Kolaborasi perdagangan antara negara-negara, seperti ekspor pertanian Indonesia dan impor beras dari Myanmar dan Thailand, telah diperkuat.

2. Kondisi Geografis

Kesamaan letak geografis di antara negara-negara memicu kerjasama untuk menjaga stabilitas dan keamanan wilayah. Keterletakan di antara dua benua dan dua samudra menjadi faktor kunci.

3. Kesamaan Budaya

Pewaris peradaban rumpun melayu Austronesia, negara-negara di kawasan ini memiliki kesamaan dalam kebudayaan, bahasa, dan kehidupan sehari-hari. Ini memicu kerjasama dalam bidang seni, budaya, dan festival film ASEAN.

4. Persamaan Sejarah dan Nasib

Sebagian besar negara di kawasan ini mengalami masa penjajahan oleh bangsa barat, yang memunculkan rasa solidaritas yang kuat di antara mereka.

Baja Juga :  Daftar Pemenang OSN SMA Tingkat Nasional Tahun 2023 Telah Diumumkan

5. Kepentingan Bersama

Kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial budaya, keamanan, dan stabilitas menjadi dasar berdirinya ASEAN. Pemanfaatan jalur pelayaran strategis seperti Selat Malaka dan Selat Sunda menjadi bagian penting dari kerjasama ekspor-impor.

Baca juga: Kemenag Buka Beasiswa Kuliah Satu Semester di Luar Negeri

Seiring waktu berjalan, ASEAN telah berkembang dari 5 negara pendiri menjadi 10 negara dengan bergabungnya Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja pada periode yang berbeda. Melalui semangat kebersamaan, ASEAN terus menjadi kekuatan yang membangun solidaritas dan mendorong kemajuan di Asia Tenggara.