Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

5 Tips Sehat dan Aktif Selama Berpuasa

5 Tips Sehat dan Aktif Selama Berpuasa
5 Tips Sehat dan Aktif Selama Berpuasa

MATERILENGKAP.MY.ID | 5 Tips Sehat dan Aktif Selama Berpuasa

Halo, Sobat Materi Lengkap! Bulan Ramadan telah tiba. Mungkin sebagian dari Sobat Materi Lengkap tengah menjalankan ibadah puasa. Selama lebih dari 12 jam, tubuh tidak menerima asupan baik makanan maupun minuman. Sehingga tidak jarang, tubuh terasa kurang berenergi, sulit berkonsentrasi, dan mengantuk. Padahal ada sejumlah aktivitas yang harus tetap dijalankan dengan baik di sekolah maupun di rumah.

Oleh karena itu, penting bagi Sobat Materi Lengkap menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dan siap beraktivitas selama berpuasa. Kali ini Materi Lengkap akan memberikan tip menjaga kesehatan selama berpuasa. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Pola makan sahur yang baik

Sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari. Bila diperlukan Sobat Materi Lengkap juga dapat mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen.

2. Pola makan saat berbuka

Sering kali ketika tiba saat berbuka, seseorang akan langsung mengkonsumsi makanan yang banyak. Mulai dari gorengan, minuman manis yang menyegarkan, atau bahkan makanan berat seperti nasi dan lauk pauk. Hal ini tidak dibenarkan. Mengonsumsi makanan yang banyak sekaligus akan menyebabkan perut menjadi sesak. Disarankan untuk mengonsumsi makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

3. Menjaga pola makan malam

Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas, sehingga harus dihindari. Selain itu, hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Makanlah makanan bergizi dan perbanyak konsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan air harian.

4. Aktivitas fisik

Baja Juga :  Berbuka Puasa Dengan Buah Kurma dan Minum Air Putih

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Sobat Materi Lengkap dapat melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau jogging di sore hari selama minimal 30 menit. Aktivitas fisik dapat membantu tubuh tetap bertenaga.

5. Menjaga pola tidur

Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur larut malam. Setelah menjalankan ibadah malam hari dan melakukan aktivitas yang penting, Sobat Materi Lengkap disarankan memaksimalkan waktu tidur agar tidak mengantuk di siang hari.

Itulah lima cara menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Memperhatikan asupan gizi menjadi kunci utama agar Sobat Materi Lengkap tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas. Ingat, berpuasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Melainkan waktu yang baik untuk lebih banyak beribadah dan tetap beraktivitas sebaik-baiknya. Selamat menjalankan puasa, Sobat!