Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks
Berita  

5 Tip Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Gawai

5 Tip Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Gawai
5 Tip Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Gawai

MATERILENGKAP.MY.ID. 5 Tip Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Gawai

Pada era digital di mana perkembangan teknologi semakin pesat seperti saat ini, penggunaan gawai semakin tak bisa dihindari. Kehadiran gawai kini terasa begitu vital. Mulai dari kebutuhan komunikasi, menghimpun informasi, dokumentasi, transaksi, transportasi, sampai dengan kebutuhan rekreasi dapat terpenuhi lewat satu buah gawai. Hal ini membuat intensitas penggunaan gawai menjadi semakin meningkat.

Namun tahukah Sobat Materi Lengkap bahwa penggunaan gawai yang terlalu lama dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome? Yang dimaksud dengan Computer Vision Syndrome adalah gejala kelelahan pada mata. Hal tersebut disebabkan karena mata melihat layar komputer dengan jarak tertentu secara terus-menerus. Efeknya akan terjadi kekakuan pada otot mata, sehingga saat melihat ke arah jauh objek terlihat ganda atau buram.

Gejala yang dialami oleh penderita Computer Vision Syndrome antara lain seperti mata buram, nyeri kepala, iritasi mata, penglihatan menjadi ganda, serta mata merah dan kering. Efek tersebut hanya terjadi sesaat, namun akan menjadi berbahaya jika terus dibiarkan. Lalu, hal apa saja yang bisa dilakukan agar terhindar dari Computer Vision Syndrome? 

1. Menjaga jarak pandang

Saat menggunakan gawai, pastikan Sobat Materi Lengkap tetap menjaga jarak pandang yang aman yakni sekitar 40 – 50 centimeter dari layar. Dengan menjauhkan mata dari layar gawai, maka paparan cahaya yang diterima mata dari layar gawai dapat berkurang.

2. Mengurangi kecerahan layar

Selain menjaga jarak pandang, Sobat Materi Lengkap dapat mengurangi tingkat kecerahan layar pada gawai yang sedang digunakan. Hal ini juga dapat membantu mata agar tidak cepat lelah akibat paparan cahaya dari layar gawai.

3. Menerapkan rumus 20-20-20

Baja Juga :  Bagaimana menemukan tukang kunci terbaik di dekat Anda?

Apakah Sobat Materi Lengkap pernah mengenal rumus 20-20-20 atau Rule of TwentyRule of Twenty menerapkan istirahat untuk mata selama 20 detik setelah melihat layar selama 20 menit dengan cara melihat benda berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari posisi mata Sobat Materi Lengkap.

4. Relaksasi mata

Untuk mengurangi beban kerja mata, Sobat Materi Lengkap juga dapat melakukan relaksasi mata dengan cara menggosok-gosok kedua tangan, lalu meletakkan hangatnya tangan di atas kelopak mata yang dipejam atau dengan memijat pelan kedua pelipis. 

5. Membatasi durasi

Meski pun telah melakukan hal-hal di atas, namun durasi penggunaan gawai tetap harus dibatasi. Durasi penggunaan gawai dapat dibatasi maksimal selama 2 jam, kemudian istirahat selama 10 menit sampai 15 menit.

Itulah tip menjaga kesehatan mata bagi Sobat Materi Lengkap yang intens menggunakan gawai. Semoga lewat artikel ini, Sobat Materi Lengkap bisa mendapatkan informasi bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber:

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/gangguan-indera/page/surveilan.pptm.kemkes.go.id/menjaga-kesehatan-mata-di-era-daring

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/page/15/apa-itu-cvs-computer-vision-syndrome

https://www.kemkes.go.id/article/view/21101300001/waspada-computer-vision-syndrome-selama-wfh.html