Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

5 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan

5 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan
5 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan

Materilengkap.my.id | 5 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan

Halo, Sobat Materi Lengkap! Setiap tanggal 30 Maret, kita selalu memperingatinya sebagai Hari Film Nasional. Dalam rangka Hari Film Nasional ini, kita akan mengupas beberapa rekomendasi film yang bertemakan pendidikan. Kira-kira film apa saja yang dapat Sobat Materi Lengkap tonton? Yuk simak artikel ini!

Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Film pertama adalah Denias, Senandung di Atas Awan yang dirilis pada 2006. Film ini bercerita tentang Denias, seorang anak laki-laki yang tinggal di pedalaman Papua. Denias merupakan anak pedalaman yang memiliki keinginan tinggi untuk mengenyam pendidikan. Di daerah ia tinggal, tidak terdapat lembaga pendidikan resmi. Ketika satu-satunya tempat ia belajar sudah tidak ada, ia pun nekat pergi ke kota untuk bisa mendapatkan pendidikan. Perjuangannya untuk meraih cita-cita ternyata tidak sia-sia karena akhirnya ia diterima di sebuah sekolah di kota.

Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi pertama ditayangkan ke layar lebar pada 2005 silam. Diadaptasi dari novel Laskar Pelangi, karya Andrea Hirata ini menceritakan tentang kisah perjuangan anak-anak kurang mampu di sebuah desa di Belitung dalam mengenyam pendidikan. Film ini membuktikan bahwa kualitas pendidikan tidak hanya bisa dicapai melalui sarana prasarana yang baik, tetapi juga dengan tekad dan cita-cita yang kuat.

Serdadu Kumbang (2011)

Film Serdadu Kumbang mengambil latar tempat di daerah Sumbawa Barat. Film yang dirilis pada 2011 ini menceritakan kehidupan pendidikan anak-anak di sana yang kala itu banyak mengalami kegagalan dalam ujian nasional. Fokus film ini mengarah kepada Amek, seorang siswa SD yang juga kurang berprestasi. Di dekat desa mereka terdapat sebuah pohon yang dinamakan “Pohon Cita-cita”. Banyak anak yang menuliskan cita-citanya di pohon tersebut, namun tidak dengan Amek. Menurutnya cita-cita adalah hal yang tabu karena bibirnya yang sumbing tidak mendukung cita-citanya menjadi penyiar berita di TV. Ia dan teman-teman serdadu kumbangnya harus belajar keras untuk bisa lulus ujian dan meraih cita-citanya.

Baja Juga :  Aktivitas Fisik Sebagai Upaya Mencegah Penyakit

Negeri 5 Menara (2011)

Negeri 5 Menara adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel. Film ini menceritakan Alif, seorang anak dari Tanah Minang yang memiliki cita-cita masuk SMA agar bisa berkuliah di ITB dan menjelajahi Eropa. Namun, ibu Alif menginginkan Alif menempuh pendidikan di sekolah keagamaan atau pondok pesantren. Pada akhirnya, Alif melanjutkan pendidikannya di pesantren dengan terpaksa. Namun, seiring berjalannya waktu ia belajar banyak hal di pesantren dan berhasil meraih cita-citanya. Salah satu kutipan motivasi dalam film ini adalah “Man Jadda Wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil”.

Sokola Rimba (2013)

Film bertema pendidikan lainnya adalah Sokola Rimba yang dirilis pada tahun 2013. Menceritakan Butet Manurung, wanita yang bekerja pada lembaga konservasi. Ia sedang mengajarkan baca tulis kepada anak suku pedalaman yang dikenal dengan Orang Rimba. Suatu saat, Butet terkena penyakit malaria di tengah hutan dan ditolong oleh seorang anak yang bernama Bungo. Bungo pun sudah lama memerhatikan Butet saat ia mengajar baca-tulis kepada Orang Rimba. Ia pun bermaksud meminta Butet untuk mengajarkan baca-tulis kepadanya agar dapat memahami surat perjanjian yang merugikan warga desanya. Melihat tekad kuat Bungo, Butet pun berupaya untuk membantu mereka walaupun awalnya ditentang oleh penduduk setempat.

Itulah beberapa rekomendasi film yang bertemakan pendidikan. Di momen Hari Film Nasional, semoga film-film tersebut dapat menambah referensi Sobat Materi Lengkap dan meningkatkan semangat juang terhadap pendidikan di Tanah Air. Semoga informasi ini bermanfaat!