Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

5 Cara Menggambar Gambar Ilustrasi Kreatif Bersama Modul SMP Terbuka

5 Cara Menggambar Gambar Ilustrasi Kreatif Bersama Modul SMP Terbuka
5 Cara Menggambar Gambar Ilustrasi Kreatif Bersama Modul SMP Terbuka

MATERILENGKAP.MY.ID – 5 Cara Menggambar Gambar Ilustrasi Kreatif Bersama Modul SMP Terbuka. Halo, Sobat Materi Lengkap! Bagaimana liburan semesternya nih? Meskipun liburan, kita harus bisa tetap produktif dengan mempelajari hal-hal baru. Salah satu kegiatan produktif yang bisa mengisi waktu liburan Sobat Materi Lengkap adalah belajar menggambar ilustrasi. Tapi sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu gambar ilustrasi?

5 Cara Menggambar Gambar Ilustrasi Kreatif Bersama Modul SMP Terbuka

Gambar ilustrasi merupakan media yang dapat digunakan untuk memperjelas maksud dan makna dari cerita atau narasi melalui bahasa visual. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilustrasi merupakan gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan dan sebagainya. Biasanya gambar ilustrasi terdapat pada buku, novel, majalah, surat kabar atau media cetak lainnya.

Sebuah gambar ilustrasi yang baik tentunya harus bisa mewakili dan menjelaskan isi dari sebuah narasi atau cerita. Pada intinya, gambar ilustrasi tersebut perlu ada kaitannya dengan narasi yang ada. Selain mempermudah memahami keterangan penjelasan narasi, gambar ilustrasi juga berfungsi untuk menarik perhatian pembaca.

Menggambar Gambar Ilustrasi Kreatif Bersama Modul SMP Terbuka
Contoh Menggambar Gambar Ilustrasi Kreatif Bersama Modul SMP Terbuka

BACA JUGA : Perjuangan Guru Indonesia dalam Semangat Kebangsaan

Gambar ilustrasi sendiri bisa dibuat dengan dua teknik. Teknik pertama adalah menggambar ilustrasi manual menggunakan tangan (free hand drawing). Teknik selanjutnya adalah menggambar digital dengan bantuan aplikasi dan juga software desain di perangkat seperti komputer ataupun smartphone. Namun, saat ini gambar manual bisa dipindai dan diubah menjadi digital dengan cara scan.

Baja Juga :  Tata Cara Membuat Kode Aktivasi Integrasi Layanan Presensi Biometrik di Simpatika

Sobat Materi Lengkap bisa belajar membuat gambar ilustrasi dengan langkah-langkah prosedur berikut ini:

  • Menentukan tema gambar

Pertama, Sobat Materi Lengkap harus menentukan tema gambar terlebih dahulu. Tema gambar ini disesuaikan dengan cerita atau peristiwa yang akan diilustrasikan. Selain itu, perhatikan juga target dari pembaca cerita atau naskah. Misalnya jika target pembacanya adalah anak-anak, maka tema gambar haruslah ceria, penuh warna, menarik, dan juga mudah dipahami.

  • Menentukan jenis gambar ilustrasi

Ada beberapa jenis gambar ilustrasi yang mengacu pada bentuknya. Contohnya seperti jenis komik, kartun, karikatur, ilustrasi karya sastra, vignette, dan sebagainya. Jenis gambar ilustrasi juga perlu disesuaikan dengan naskahnya. Sebagai contoh, naskah atau tulisan tentang politik bisa diberikan ilustrasi berbentuk karikatur.
  • Menentukan prinsip seni rupa pada objek gambar

Setelah tema dan jenis gambar telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan prinsip seni rupa pada objek gambar. Hal ini berarti Sobat Materi Lengkap harus menentukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan, serta kesatuan pada objek gambar yang akan dibuat. Aspek-aspek ini sangat penting dalam menyampaikan maksud ilustrasi tersebut agar lebih mudah dipahami pembaca dan memiliki nilai keindahan.

  • Menggambar sketsa

Memasuki fase menggambar, di sini Sobat Materi Lengkap mulai membuat sketsa ilustrasi. Sketsa ilustrasi adalah coretan bentuk dasar dari sesuatu yang akan digambar. Sketsa ilustrasi ini berfungsi sebagai acuan untuk dikembangkan menjadi ilustrasi yang sempurna.

  • Mengarsir atau mewarnai

Langkah terakhir adalah memberi arsiran atau warna pada objek cerita sesuai dengan karakter cerita. Misalnya, dengan memberikan efek bayangan gelap-terang untuk mempertegas cerita atau menambahkan detail-detail tertentu untuk menyempurnakan gambar ilustrasi.

Nah, itulah tadi beberapa hal mengenai gambar ilustrasi dan langkah pembuatannya. Sobat Materi Lengkap bisa mengisi waktu libur dengan belajar membuat gambar ilustrasi. Apabila menekuni gambar ilustrasi mungkin kalian bisa menjadi seorang desainer grafis ataupun seniman. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Sobat Materi Lengkap!

Baja Juga :  Cara Belajar Anak Yang Baik di Usia 1-10 Tahun

Demikianlah pembahasan tentang 5 Cara Menggambar Gambar Ilustrasi Kreatif Bersama Modul SMP Terbuka. Semoga Informasi ini bermanfaat.