Informasi Cepat Seputar Berita Pendidikan
Google NewsIndeks

4 Aliran dalam Seni Lukis

4 Aliran dalam Seni Lukis
4 Aliran dalam Seni Lukis

MATERILENGKAP.MY.ID. 4 Aliran dalam Seni Lukis. Halo, Sobat Materi Lengkap! Pernahkah kalian mengunjungi Museum Basuki Abdullah? Jika pernah, tentunya kalian akan disuguhkan berbagai karya dari sang maestro tersebut yang kebanyakan adalah karya lukisan. Basuki Abdullah merupakan pelukis beraliran realis dan naturalis, jelas terlihat ketika melukis portrait wajah para tokoh dunia. Namun demikian pada dirinya juga memiliki kecenderungan melukis panorama, flora fauna, tema perjuangan dan pembangunan.

Berbicara mengenai lukisan, tahukah kalian bahwa ada beberapa aliran dalam seni lukis? Salah satunya adalah Basuki Abdullah yang merupakan seniman pelukis beraliran realis dan naturalis. Nah, kira-kira apa saja aliran-aliran seni lukis yang ada, ya? Yuk simak artikel berikut!

Ekspresionisme

Contoh lukisan ekspresionisme “Stary Night” karya Vincent van Gogh
Contoh lukisan ekspresionisme “Stary Night” karya Vincent van Gogh

Ekspresionisme adalah sebuah aliran dalam seni lukis yang penggambarannya sesuai dengan keadaan jiwa sang perupa yang spontan pada saat melihat objek karyanya. Beberapa tokoh yang beraliran ekspresionisme adalah Affandi dan Vincent van Gogh.

Naturalisme

Contoh lukisan naturalisme “Pemandangan Alam” karya Abdullah Suriosubroto
Contoh lukisan naturalisme “Pemandangan Alam” karya Abdullah Suriosubroto

Apabila Sobat SMP pernah melihat lukisan-lukisan yang bertemakan alam, maka karya tersebut termasuk ke dalam aliran naturalisme. Naturalisme, yaitu aliran seni rupa yang penggambarannya alami atau sesuai dengan keadaan alam, melukiskan segala sesuatu dengan alam nyata, sehingga perbandingan perspektif tekstur, atau warna serta gelap terang dibuat dengan seteliti mungkin, lebih indah dari kenyataannya. Beberapa tokoh seniman yang beraliran naturalisme ialah Basuki Abdullah, Abdullah Suriosubroto, dan John Constable.

Surealisme

Contoh lukisan surealisme ”The Burning Giraffe” karya Salvador Dali
Contoh lukisan surealisme ”The Burning Giraffe” karya Salvador Dali

Surealisme merupakan sebuah aliran dalam seni lukis yang menggunakan warna dan bentuk seperti di dalam mimpi. Pelukisnya mengembangkan daya khayalnya dan imajinasi untuk menyampaikan pikiran dan perasaan lewat bentuk-bentuk di dalam karyanya. Contoh pelukis lain yang beraliran surealisme adalah Soedibio dan Salvador Dali.

Abstrakisme

Contoh lukisan abstrakisme “Blue Segment” karya Wassily Kandinsky
Contoh lukisan abstrakisme “Blue Segment” karya Wassily Kandinsky

Bagi orang awam, mungkin melihat sebuah lukisan yang tidak jelas bentuknya akan heran. Namun, ini adalah salah satu aliran dalam seni lukis, yaitu abstrakisme. Abstrakisme mengungkapkan sesuatu kebebasan dan kenyataan yang ada dalam dunia batin seseorang. Karya yang muncul biasanya akan berbeda dengan dunia luar yang nyata, sifatnya lebih individualis dan hasil lukisnya tidak menyerupai bentuk apa pun. Pelukis yang terkenal dengan aliran abstrakisme adalah Wassily Kandinsky dan Fajar Sidik.

Itu dia beberapa aliran dalam seni lukis. Masih banyak lagi aliran-aliran lainnya yang ada pada seni lukis. Sobat Materi Lengkap dapat mempelajari seni lukis dengan mengunduh modul SMP Terbuka Seni Budaya terbitan Direktorat Sekolah Menengah Pertama di website resmi kami secara gratis. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat Materi Lengkap!

Referensi: Modul SMP Terbuka Seni Budaya kelas IX terbitan Direktorat SMP tahun 2021