Surat Edaran Sasaran Visitasi Akreditasi Tahap II tahun 2022
Status sasaran perpanjangan Akreditasi sekolah/madrasah otomatis 1 tahun dan sasaran TT tahun 2022 terdapat 2024 jenjang sekolah/madrasah dari SD/MI, SMP/MTs sampai SMA/MA.
Berdasarkan Keputusan Ketua BAN-S/M Nomor: 1347/BAN-S/M/SK/2021, tanggal 08 Desember 2021 tentang Sertifikat Perpanjangan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020 dan Tahun 2021, diperoleh 2024 sekolah/madrasah yang termasuk dalam data perpanjangan 1 (satu) tahun dan TT sehingga sekolah/madrasah tersebut masuk dalam sasaran prioritas tahun 2022.
Sehubungan hal tersebut, bersama ini kami mohon bantuan saudara untuk menginformasikan kepada sekolah/madrasah di wilayah saudara (data terlampir) untuk segera mempersiapkan diri, mengingat visitasi akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022
Sekolah/madrasah sasaran prioritas dapat :
1. Mengakses sispena melalui link : https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/login (dibuka bulan juni) dengan username dan password menggunakan NPSN masing-masing
2. Mengunduh Instrumen Akreditasi IASP2020 melalui link: https://bansm.kemdikbud.go.id/unduh/kategori/perangkat-akreditasi
3. Untuk konsultasi dapat menghubungi WA melaui Nomor: 081334169405 (Kantor), 085655353122 (Gunawan), 085648785053 (Widhi)
Berikut ini list nama dokumen yang harus diunggah di sispena:
1. Tata tertib dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin); butir 1
1. Tata tertib dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin); butir 3
2. Jadwal kegiatan keagamaan. Butir 2
3. Bukti dan/atau laporan kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk: foto/video kegiatan, undangan kegiatan, sertifikat keikutsertaan butir 6
4. Bukti dan/atau laporan kegiatan OSIS dalam bentuk: foto/video kegiatan, undangan kegiatan, sertifikat keikutsertaan. Butir 6
5. Bukti dan/atau laporan kegiatan dengan pihak luar dalam bentuk: foto/video kegiatan, undangan kegiatan, sertifikat keikutsertaan. Butir 6
6. Laporan prestasi siswa
6. Laporan prestasi siswa
6. Laporan prestasi siswa
7. Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan bakat
7. Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan bakat
7. Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan bakat
8. Data nilai ujian sekolah/madrasah dalam 3 (tiga) tahun terakhir.
9. Laporan hasil tracer study tentang kepuasan pemangku kepentingan.
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tahun berjalan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS (diwakili oleh 3 tingkat)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6) (SD)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tahun berjalan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS (diwakili oleh 3 tingkat)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6) (SD)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tahun berjalan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS (diwakili oleh 3 tingkat)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6) (SD)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tahun berjalan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS (diwakili oleh 3 tingkat)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6) (SD)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tahun berjalan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS (diwakili oleh 3 tingkat)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6) (SD)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tahun berjalan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS (diwakili oleh 3 tingkat)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6) (SD)
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6) (SD) Khusus sd-k1
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tahun berjalan: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS (diwakili oleh 3 tingkat) Khusus slb-k4
10. Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) tematik tahun berjalan (diwakili oleh kelas 1, 4 dan 6) (SD) Khusus slb-k4
11. Kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (formatif dan sumatif) (SD: 4, 5, 6. SMP & SMA mapel sama dengan RPP)
12. Analisis Pencapaian Kompetensi (tahun berjalan, sampel dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn) (sampel SD kelas 1, 4, 6. SMP dan SMA semua tingkat)
13. Jadwal remidial dan pengayaan
14. Dokumen Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) (1tahun)
14. Dokumen RKAS (4 tahun) 23
14. Dokumen RKAS (4 tahun) 25
14. Dokumen RKAS (4 tahun) 28
14. Dokumen RKAS (4 tahun) 35
15. Dokumen Rencana Kerja Sekolah (RKS) 4 tahun 16
15. Dokumen RKS (1 tahun) 23
15. Dokumen RKS (1 tahun) 25
15. Dokumen RKS (1 tahun) 28
15. Dokumen RKS (1 tahun) 29
16. Daftar penggunaan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar 18
17. Laporan evaluasi dan refleksi diri (sampel laporan evaluasi diri dari 3 orang guru dengan mapel berbeda) 20
18. Laporan umpan balik dari siswa (3 orang guru dengan mapel berbeda) 20
19. Laporan umpan balik dari teman sejawat (3 orang guru dengan mapel berbeda) 20
20. Bukti daftar hadir/foto/bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi 20
21. Laporan kegiatan pengembangan profesi guru: undangan, surat tugas, daftar hadir, materi paparan, foto kegiatan, laporan kegiatan. 21
22. Dokumen kegiatan diseminasi hasil pengembangan profesi guru: makalah, video, buku, karya ilmiah, jurnal, paparan (PPT), artikel, panduan. 21
23. Daftar hadir rapat pengembangan visi misi 23
24. Foto, leaflet, pamflet, brosur, video kegiatan sosialisasi visi misi (daftar hadir, jika ada) 23
25. 2 laporan kegiatan yang merupakan implementasi visi misi 23
26. Dokumen hasil evaluasi tahunan pencapaian visi, misi, tujuan, dan rencana sekolah. 23
27. Dokumen rekomendasi dari hasil evaluasi (notulen rapat) 23
28. Dokumen visi misi versi sebelumnya dan versi setelah perbaikan berdasarkan rekomendasi 23
29. Jadwal supervisi kepala sekolah/wakil kepala sekolah (3 tahun terakhir) 24
30. Dokumen hasil observasi kepala sekolah terhadap guru di kelas 3 (tiga) tahun terakhir: lembar observasi atau catatan lain (kualitatif) (diwakili guru kelas 2, 3, dan 5 SD) (SMP dan SMA mapel IPA [salah satu], IPS [salah satu], matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia, PKn) 24
31. Daftar hadir rapat RKS/RKAS dan notulen 25
31. Daftar hadir rapat RKS/RKAS dan notulen 28
32. Laporan kegiatan pelaksanaan program yang melibatkan warga sekolah dan pemangku kepentingan, bisa berupa: video dan/atau foto 25
33. Laporan kegiatan pelaksanaan program kreatif dan inovatif berupa: video dan/atau foto hasil karya guru/siswa, karya ilmiah 25
33. Laporan kegiatan pelaksanaan program kreatif dan inovatif berupa: video dan/atau foto hasil karya guru/siswa, karya ilmiah 5
34. Dokumen kerja sama sekolah/madrasah dengan orang tua siswa dengan masyarakat sekitar (notulen rapat, daftar hadir rapat, foto, atau video) 26
35. Dokumen pelaksanaan kegiatan kebersihan sekolah/madrasah, misalnya dokumen pembagian tugas di bidang kebersihan, jadwal kebersihan, dan dokumentasi kegiatan. 27
36. Notulen raker/pertemuan penyusunan kurikulum sekolah/madrasah, daftar hadir 29
37. Dokumen raker/rapat evaluasi kurikulum yang berisi rekomendasi perbaikan hasil evaluasi 29
38. Rekap nilai tahun kedua untuk SMP dan SMA, tahun kelima untuk SD (diwakili oleh mapel yang mengalami peningkatan, 4 tahun terakhir) 29
38. Rekap nilai tahun kedua untuk SMP dan SMA, tahun kelima untuk SD (diwakili oleh mapel yang mengalami peningkatan, 4 tahun terakhir) Khusus slb-k2
39. Panduan atau SOP pelaksanaan tugas guru/tenaga kependidikan 30
40. Jadwal mengajar guru, penugasan lain yang dibebankan kepada guru dan pembagian tugas tenaga kependidikan
41. Dokumen penilaian kinerja guru berupa format penilaian kinerja 30
42. Hasil penilaian kinerja guru 30
43. Dokumen penilaian kinerja tenaga kependidikan berupa format penilaian kinerja 30
44. Hasil penilaian kinerja tenaga kependidikan 30
45. Bukti penghargaan/ sanksi, seperti: piagam, sertifikat, foto, video, surat peringatan, SK, surat teguran, buku/catatan pelanggaran, dsb 30
46. Panduan/SOP pengelolaan sarana dan prasarana (data inventaris sarana dan prasarana, mulai dari perencanaan sampai penghapusan) 31
46. Panduan/SOP pengelolaan sarana dan prasarana (data inventaris sarana dan prasarana, mulai dari perencanaan sampai penghapusan) Khusus smk-k8
47. Dokumen rapat penyusunan RAPBS, berupa: daftar hadir, notulen rapat 32
48 RAPBS 32
49 Laporan keuangan 1 tahun terakhir 32
50 Hasil catatan audit internal atau eksternal 3 tahun terakhir 32
51 Dokumen program/kegiatan ekstrakurikuler, berupa: foto dan/atau video, laporan kegiatan, jadwal kegiatan 33
52 Surat tugas pembina dan tim lomba/kompetisi siswa, undangan keikutsertaan, foto, sertifikat keikutsertaan 33
53 Sertifikat prestasi, foto piagam/piala/medali 33
53 Sertifikat prestasi, foto piagam/piala/medali Khusus slb-k1
53 Sertifikat prestasi, foto piagam/piala/medali 6
54 Dokumen program layanan BK dalam bidang: pengembangan pribadi, sosial, akademik, dan pendidikan lanjut/karir 34
55 Dokumen laporan layanan BK bidang: pengembangan pribadi, sosial, akademik, dan pendidikan lanjut/karir 34
56 Dokumen RKA-S/M tahun sebelumnya 35
57 Dokumen evaluasi diri sekolah/madrasah tahun sebelumnya 35
58 Daftar data lulusan terakhir yang mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai kompetensi keahliannya (lembaga pemberi sertifikat dan proporsi lulusan yang memperoleh sertifikat) Khusus smk-k1
59 Salinan sertifikat kompetensi lulusan tahun terakhir (sampel 1 untuk setiap program keahlian) Khusus smk-k1
60 Daftar data lulusan yang bekerja di dunia kerja 3 (tiga) tahun terakhir per kompetensi keahlian Khusus smk-k2
61 Laporan data lulusan yang berwirausaha 3 (tiga) tahun terakhir per kompetensi keahlian Khusus smk-k2
62 Dokumen pendirian/legalitas (SK Kepala Daerah/SK Disdik) Khusus smk-k3
63 SK Pengurus Khusus smk-k3
64 Struktur Pengurus dan uraian tugas Khusus smk-k3
65 Foto inventaris sarana/prasarana berupa: kantor dan sarana prasarana yang dimiliki (techno-park/business center) Khusus smk-k3
66 Rencana Strategis (Renstra)/Rencana Bisnis Anggaran (RBA)/Program kerja Khusus smk-k3
67 SOP (standar operasional prosedur) dan/atau SPM (standar pelayanan minimal) pengelolaan unit produksi Khusus smk-k3
68 Foto kegiatan pengelolaan unit produksi Khusus smk-k3
69 Laporan kegiatan produksi dan pemasaran Khusus smk-k3
70 Laporan keuangan pengelolaan unit produksi Khusus smk-k3
71 MoU antara SMK/MAK dengan dunia kerja, mencakup: PKL siswa, magang guru, penerimaan dan penempatan lulusan Khusus smk-k4
71 MoU antara SMK/MAK dengan dunia kerja, mencakup: PKL siswa, magang guru, penerimaan dan penempatan lulusan Khusus smk-k6
72 Data penempatan siswa PKL Khusus smk-k4
73 Dokumen monitoring pelaksanaan PKL Khusus smk-k4
74 Jurnal PKL (sampel 2 siswa)
75 Sertifikat asesor metodologi dari BNSP Khusus smk-k5
76 Sertifikat kompetensi teknis sesuai kompetensi keahlian dari BNSP Khusus smk-k5
77 Sertifikat magang Khusus smk-k5
78 SOP penggunaan peralatan praktik sesuai standar dunia kerja/industri Khusus smk-k5
79 Hasil penilaian praktik (sampel 2 siswa dari setiap program keahlian) Khusus smk-k5
80 Foto kegiatan PKL siswa dan magang guru Khusus smk-k6
81 Foto kegiatan pembekalan PKL/magang dan pembelajaran dengan menghadirkan guru tamu dari dunia kerja Khusus smk-k6
82 Surat tanda penerimaan dan penempatan lulusan dari DU/DI (sampel 2 siswa setiap program keahlian) Khusus smk-k6
83 Denah dan tata letak ruang praktik kejuruan sesuai standar industri Khusus smk-k7
84 Foto ruang praktik Khusus smk-k7
85 Jadwal penggunaan ruang praktik kejuruan Khusus smk-k7
86 Kartu kontrol penggunaan ruang praktik Khusus smk-k7
87 Program Kerja BKK tentang pemberian layanan informasi lowongan kerja,pelayanan pemasaran, penyaluran, dan penempatan tenaga kerja Khusus smk-k9
88 Program Pembelajaran Individual (PPI) Khusus slb-k1
88 Program Pembelajaran Individual (PPI) Khusus slb-k2
88 Program Pembelajaran Individual (PPI) Khusus slb-k3
89 Hasil asesmen siswa (instrumen asesmen/catatan hasil asesmen, sampel 5 siswa yang berbeda kekhususan) Khusus slb-k2
90 Undangan kegiatan asesmen dari sekolah untuk orang tua Khusus slb-k3
91 Ijasah/Sertifikat terapis/tenaga profesional lainnya Khusus slb-k5
92 Program dan jadwal terapi setiap siswa Khusus slb-k5
93 Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara lisan maupun tertulis dalam bentuk: video/medsos siswa 5
Post a Comment for "Surat Edaran Sasaran Visitasi Akreditasi Tahap II tahun 2022"