Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) USAHA BONAS (ABON NANAS)
BAB 1. PENDAHULUAN
Dari hasil pengamatan di lingkungan sekitar kami didapatkan bahwa masyarakat di lingkungan kami banyak sekali orang – orang terutama para laki – laki yang gemar atau suka merokok , dan banyak orang yang memerlukan abon sebagai lauk pauk . Oleh karena itu kami mencoba untuk membuat suatu usaha kuliner yaitu usaha BONAS (Abon Nanas). Buah nanas mengandung sejumlah besar vitamin C, yang membantu melawan kerusakan sel, seperti penyakit jantung, nyeri sendi bahkan sebagai makanan alternative bagi peroko berat, penghancur nikotin. Karena berbagai kandungan dan manfaat nanas yang saat ini belum banyak diketahui masyarakat, abon nanas ini dapat menjadi inovasi baru di masyarakat. Selain itu Abon Nanas ini berbentuk abon yang masih jarang di temui di masyarakat. Dengan harapan masyarakat menyukai dan memulai untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat karena ber vitamin C dan rendah lemak. Produk-produk olahan abon pada umumnya dibuat dari olahan daging. Bon Nas ini dapat menjadi inovasi baru untuk masyarakat. Walaupun bahan baku Bon Nas ini berbeda dari abon di pasaran (dibuat dari lemak hewani), Bon Nas ini memiliki bentuk seperti abon pada umumnya. Sehingga masyarakat akan tertarik untuk mencoba Bon Nas ini namun masyarakat tidak akan asing saat mencobanya karena Bon Nas ini walaupun bahan bakunya berbeda (dibuat dari Buah Nanas), Bon Nas diolah dalam bentuk abon. Produk abon Nanas memiliki rasa yang tidak berbeda dengan abon daging. Rasanya yang asin dan gurih sangat di sukai oleh masyarakat. Untuk menambah variasi rasa, Bon Nas disediakan dalam tingkat rasa yang berbeda, yaitu : original, dan pedas . Karena terbuat dari buah nanas harga yang di tawarkan pun terjangkau oleh semua kalangan. Kami meenyediakan sistem online dan offline. Untuk sistem offline kami membuka toko yang lokasi nya sangat strategis dan banyak dilalui mahasiswa maupun masyarakat. Dan untuk sistem online bisa melalui Watshaap , Instagram, Shoppe, Lazada, Bukalapak, Facebook .
BAB 2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Nanas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus. Memiliki nama daerah danas (Sunda) dan neneh (Sumatera). Tanaman nanas memiliki kulit kasar yang keras dan daun runcing di atasnya. Rasa buah nanas adalah perpaduan manis dan sedikit asam yang segar.
Jenis nanas yang cocok diproduksi yaitu jenis nanas muda karena nanas muda lebih mudah dibuat olahan dan lebih banyak mengeluaskan hampas. Buah nanas juga merupakan bahan pangan dengan nilai gizi yang cukup tinggi dan lengkap, seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, kandungan air 90% dan kaya akan kalium, kalsium, iodium, sulfur, serta vitamin C ( kumaunang dan Kamu, 2011 ). Nanas mengandung serat yang berguna membantu kolesterol, dan mengurangi resiko diabetes serta penyakit jantung ( Winastia , 2011 ).
Kandungan Gizi Buah Nanas
Zat Gizi | Kandungan |
Vitamin A ( S.I ) | 69 |
Vitamin B1 ( mg ) | 0,04 |
Vitamin B2 ( mg ) | 0,03 |
Vitamin C ( mg ) | 13 |
Protein ( % berat basah ) | 0,21 |
Karbohidrat ( % berat basah ) | 7,26 |
Lemak ( % berat basah ) | 0,11 |
Kalsium ( mg ) | 8 |
Fosfor ( mg ) | 27 |
Zat Besi ( mg ) | 0,2 |
Air ( % berat basah ) | 85,3 |
Sumber : Dikrektorat Gizi Departemen Kesehatan RI
- Analisis Produk
Produk ini merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (industry kecil) yang memanfaatkan buah nanas. Produk ini adalah abon nanas, mungkin kita sudah melihat produk abon yang sudah beredar dipasaran, Untuk membedakan usaha Abon ini dengan usaha abon yang sudah ada di pasaran, kami memilih membuat abon nanas bertujuan agar masyarakat bisa menikmati olahan buah nanas yang berbeda dengan olahan buah nanas lainnya. Olahan abon yang selama ini beredar di masyarakat umumnya terbuat dari daging ataupun ikan, untuk memberikan warna baru maka di dapatkan ide untuk membuat produk abon nanas. Selain mengurangi kejenuhan masyarakat dengan pengolahan abon nanas dapat menjadi wirausaha yang dapat menguntungkan.
- Analisis Pemasaran
Strength (Kekuatan) untuk pemasaran kami akan lebih memanfaatkan media sosial seperti Instagram, WA, Facebook, dll. Harga abon nanas “Bonas” ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat dan kualitas dari Abon Nanas“Bonas”ini sangat terjamin. Produk Bonas ini bertujuan agar masyarakat bisa menikmati olahan abon nanas yang berbeda dengan olahan buah nanas yang lainnya. Weakness (Kelemahan) dalam pengemasan jika di tumpuk akan rusak. Opportunity (Peluang) Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan produk, dengan bahan baku yang masih jarang dimanfaatkan menjadikan usaha ini sangat menjanjikan. Threat (Ancaman) munculnya produsen – produsen baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan promosi diskon, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga Abon Nanas”Bonas” yang mungkin dapat mengurangi pembeli
- Analisis Anggaran
Tabel 1. Anggaran Perlengkapan yang di perlukan
Jenis Pengeluaran | Volume | Harga Satuan (Rp) | Jumlah Harga |
| ||
1.Perlengkapan yang diperlukan |
|
|
|
| ||
| 2 | Rp.350.000 | Rp. 700.000 |
| ||
| 2 Buah | Rp.25.000 | Rp. 50.000 |
| ||
| 5 Buah | Rp.25.000 | Rp. 125.000 |
| ||
| 2 Buah | Rp.100.000 | Rp. 200.000 |
| ||
| 4 Buah | Rp.10.000 | Rp. 40.000 |
| ||
| 4 Buah | Rp. 15.000 | Rp. 60.000 |
| ||
| 12 Buah | Rp. 10.000 | Rp. 120.000 |
| ||
| 1 Buah | Rp. 58.000 | Rp. 58.000 |
| ||
| 5 Buah | Rp. 12.000 | Rp. 60.000 |
| ||
| 140 Buah | Rp.10.000 | Rp. 1.400.000 |
| ||
| 10 Buah | Rp.5000 | Rp. 50.000 |
| ||
| 1 Buah | Rp. 700.000 | Rp. 700.000 |
| ||
| 1 Buah | Rp. 120.000 | Rp. 120.000 |
| ||
SUB TOTAL (Rp) | Rp.3.683.000 | |||||
2.Bahan Habis Pakai | Jumlah Harga |
| ||||
| 50 Kg | Rp. 25.000 | Rp. 1.250.000 |
| ||
| 5 Kg | Rp. 130.000 | Rp. 650.000 |
| ||
| 30 Buah | Rp. 10.000 | Rp. 300.000 |
| ||
| 10 Kg | Rp. 25.000 | Rp. 250.000 |
| ||
| 4Kg | Rp.20.000 | Rp. 80.000 |
| ||
| 10 Buah | Rp. 40.000 | Rp. 400.000 |
| ||
| 2Kg | Rp.20.000 | Rp. 40.000 |
| ||
| 4Kg | Rp.10.000 | Rp. 40.000 |
| ||
| 2Kg | Rp.26.000 | Rp. 52.000 |
| ||
| 20 Ikat | Rp.1.000 | Rp. 20.000 |
| ||
| 20 Ikat | Rp. 1.000 | Rp. 20.000 |
| ||
| 5Kg | Rp.20.000 | Rp. 100.000 |
| ||
| 15 Dus | Rp. 15.000 | Rp. 225.000 |
| ||
SUB TOTAL (Rp) | Rp. 3.427.000 | |||||
3. Perjalanan |
|
|
|
| ||
|
| Rp. 140.000 | Rp. 140.000 |
| ||
| SUB TOTAL ( Rp ) | Rp. 140.000 |
| |||
4. Lain-Lain |
|
|
| |||
|
| Rp.1.000.000 | Rp. 1000.000 |
| ||
|
| Rp.1.000.000 | Rp. 1000.000 |
| ||
| 500 Stiker | Rp. 1.000 | Rp. 500.000 |
| ||
|
| Rp. 150.000 | Rp. 150.000 |
| ||
| 2 Box | Rp. 25.000 | Rp. 50.000 |
| ||
| 2 | Rp. 25.000 | Rp. 50.000 |
| ||
SUB TOTAL (Rp) | Rp. 2.750.000 | |||||
TOTAL | Rp. 10.000.000 | |||||
Table 4. Rekapitulasi Rencana Anggaran Biaya Keseluruhan
No. | Jenis Pengeluaran | Biaya (Rp) |
1. | Perlengkapan Yang dibutuhkan | 3.683.000 |
2 | Bahan habis pakai | 3.427.000 |
3 | Transportasi lokal dan lain-lain | 2.890.000 |
Jumlah | 10.000.000 |
Hasil Usaha
HU = Jumlah Produk x harga Jual
HU = 500 x 10.000 = 5.000.000
Laporan Laba atau Rugi
L/R = HU – BP; karena HU > BP, maka
L/R = 5.000.000 – 1.775.000 = 3.225.000
Break Even Point (BEF)
BEP = BP : total produksi
BEP = 1.775.000 : 500 = 3.550
Jadi, titik balik modal produk wet suit akan didapatkan apabila harga jual persatuan adalah Rp. 3.550
Benefit Cost (B/C) Ratio
B/C rasio = HU : BPp 1.775.000 = 2,81
Jadi, dari sebanyak Rp. 1.775.000 biaya yang dikeluarkan akan diperoleh hasil usaha 2,81 kali lipat, sehingga layak untuk di usahakan. f.Return.
Of Infestement (ROI)
ROI = (Laba : BP) X 100%
ROI = (Rp. 3.225.000 : Rp. 1.775.000) x 100% = 181 %
B/C rasio = Rp. 5.000.000 : R
Jadi, dari biaya produksi sebesar Rp. 1.775.000 yang dikeluarkan akan diperoleh keuntungan sebesar 181% untuk penggunaan modal usaha yang sangat efektif.
Jangka Waktu Modal Kembali (JWP)
JWP = (Investasi + BP + Biaya transfortasi) : (L x Lama produksi)
JWP = (4.125.000 + 1.775.000 + 4.000.000) : (3.225.000 x 1 bulan) = 3,06
Artinya, modal akan kembali setelah lama produksi 3,06 bulan
BAB 3. METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan kegiatan usaha ini yaitu sebagai berikut :
Input | Proses | Output |
· Surpey pasar · Studi kelayakan · Persiapan sumber daya manusia · Dana | · Membuat design · Tahapan pembuatan · Tahapan pengolahan | BONAS ( Abon Nanas ) siap di pasarkan kepada konsumen. |
Input :
Pada tahap ini ditunjukan untuk langkah awal apa saja yang paling tepat yang harus dilakukan untuk membangun usaha Abon Nanas .
- Sebelum melakukan tahap produksi, kami melakukan survey pasar terlebih dahulu sebagai langkah awal, dan merencanakan inovasi.
- Melakukan studi kelayakan terhadap produk yang kami buat. Tujuannya untuk mengetahui apakah kegiatan ini memiliki prospek yang menguntungkan dan memiliki jangka panjang.
- Melakukan pembelian bahan serta pemilihan tempat.
Proses :
Pada tahap ini dilakukan beberapa kegiatan antara lain, menyiapkan bahan, peralatan, dan melakukan kegiatan produksi. Melakukan kegiatan produksi BONAS yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
- Alat dan Bahan
Adapun alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut :
- Alat :
- Kompor Gas
- Tabung Gas
- Penggorengan / wajan
- Baskom Besar
- Spatula
- Serokan
- Pisau
- Timbangan
- Bahan
- Buah Nanas
- Daging Sapi
- Kelapa Santan
- Bawang Merah
- Bawang Putih
- Ketumbar
- Lengkuas
- Jahe
- Minyak Goreng
- Daun Salam
- Sereh
- Gula Merah
- Penyedap Rasa.
- Proses Produksi BONAS :
- Buah nanas dikupas , lalu dicuci bersih.
- Buah nanas disuwir – suwir halus.
- Haluskan bumbu : bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula merah, lengkuas, dan sedikit penyedap rasa.
- Panaskan santan kental, kemudian masukan buah nanas yang sudah di suwir dan bumbu yang sudah di haluskan, daun salam, sereh, dan geprek lengkuas.
- Aduk – aduk terus sampai santan habis dan sukun kering, pada waktu mengaduk setelah kering harus di bolak – balik agar abon tidak gosong.
- Goreng sampai kuning kecoklatan.
- Tiriskan sampai benar – benar kering dan tunggu sampai dingin sebelum Bon Nas dimasukan ke dalam kemasan.
Strategi pemaaran produk BONAS ( Abon Nanas ) yaitu menetapkan harga yang murah dan terjangkau bagi masyarakat dari kalangan orang tua maupun anak muda.dan abon nanas juga bertujuan agar masyarakat bisa menikmati olahan abon nanas yang berbeda dengan olahan buah nanas yang lainn. Tempat penjualannya yaitu dengan membuka toko di tempat yang strategis yang banyak dilalui oleh mahasiswa atau warga setempat, dan menitipkan produk ke warung kecil di daerah sekitar, pengenalan produk juga melalui sosial media ini kami rasa berpengaruh positif , karena melalui sosial media yang kita miliki kita bisa menampilkan bagaimana produk yang kita tawarkan dn jangkauan dari media sosial ini lebih luas. Informasi yang kita berikan juga bisa lebih singkat dan lebih menarik. Dalam memasarkan produk abon nanas ini dengan menjual secara online melalui Watshaap , Instagram, Shoppe, Lazada, Bukalapak, Facebook dan juga memasang banner di depan toko.
Output :
Output dari produksi yang dibuat dalam program kreativitas mahasiswa ini adalah BONAS ( Abon Nanas ) yang banyak mengandung vitamin C yang membantu melawan kerusakan sel, terutama bagi perokok berat penghancur nikotin.
Evaluasi :
Tahapan ini akan dilaksanakan pada saat produksi BONAS telah selesai dilakukan. Pada tahap akhir akan meninjau tentang kekurangan dan kelebihan apa saja yang membuat konsumen kurang menyukai BONAS sehingga membuat usaha ini berpotensi tidak mencapai target.
- Evaluasi kualitas produk BONAS.
- Evaluasi harga jual produk.
- Evaluasi tempat pemasaran .
BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya
Rancangan ini diperuntukan untuk memproduksi 500 bungkus Abon Nanas. Adapun anggaran biaya yang digunakan yaitu sebagai berikut :
No | Jenis Pengeluaran | Biaya ( Rp ) |
1 | Perlengkapan yang dibutuhkan | Rp. 3.683.000 |
2 | Bahan habis pakai | Rp. 3.427.000 |
3 | Transfortasi lokal | Rp. 140.000 |
4 | Lain- lain | Rp. 2.750.000 |
| Total : | 10.000.000 |
4.2 Jadwal Kegiatan
Jam operasional kami membuka toko setiap hari buka pukul 08.00 dan tutup pukul 20.00 WIB. BONAS membuka toko online yang dipegang oleh admin khusus, toko kami diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.
Tabel 4.2 Jadwal Kegiatan
No | Jenis Kegiatan | Bulan | Person Penanggung jawab | ||
1 | 2 | 3 | |||
1 | Persiapan dan Produksi |
|
|
| Ai Miranti Utami dan Sri Novia Rahmawati |
4 | Promosi |
|
|
| Rachmi Rachmassari |
5 | Pemasaran |
|
|
| Febi Zulfa Sajidah |
DAFTAR PUSTAKA
Anonim (2016), Wiipedia abon. Diambil 27 Oktober 2016 dari
https://id.wikipedia.org,wiki/abon.
Verherji, E. W. M dan R.E Coronel ( eds ), 1997. Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 2 : Buah-buahan yang dapat dimakan. PROSEA – Gramedia Jakarta ISBN . 979-511-672-2.
https://mekarsari.com/web/agro/nanas/
( Kumaunang dan Kamu, 2011 )
( Winastia , 2011 )
Dikrektorat Gizi Departemen Kesehatan RI. 1972.
Riset Kesehatan Dasar badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia,2013:p 111;2
Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat ( JADM ) 2 (1),15-21-2021.
Muchtadi,D 1988 Evaluasi Nilai Gizi Pangan Pusat antar Universitas Pangan dan Gizi Institut pertanian Bogor.
http;//dinkes.kukarkab.go.id/baca-manfaat-buah-nanas-untuk-kesehatan.html.
Post a Comment for "Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) USAHA BONAS (ABON NANAS)"