Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : (5×35 menit) (5×35 menit)/ 1 hari
- KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
Kompetensi | Indikator |
1.2 Menghargai kewajiban dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama. | 1.2.1 Menunjukan hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air. | 2.2.1 Mematuhi hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari | 3.2.1 Menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dam kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan |
4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari | 4.2.1 Membuat rencana melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara |
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan | 3.3.1 Mengidentifikasi ciri- ciri pertanyaan yang baik
|
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis | 3.3.1 Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik |
- TUJUAN
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan dengan terperinci.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat rencana melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara dengan terperinci.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik dengan benar.
- MATERI
- Hak dan kewajiban ketika memanfaatkan tumbuhan.
- Ciri-ciri pertanyaan yang baik dan benar.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Religius
- Nasionalis
- Mandiri
- Gotong-royong
- Integritas
- PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa 2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK). 3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita. 4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme. 5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: · Apa yang tergambar pada sampul buku. · Apa judul buku · Kira-kira ini menceritakan tentang apa · Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
| 15 menit |
Kegiatan Inti | A. Membaca a. Di awal pembelajaran guru membawa tanaman ke dalam kelas. Guru bertanya kepada siswa. Apakah kamu mempunyai tumbuhan di rumah? Bagaimana kamu merawatnya? Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalamannya. Guru bertanya kembali, apa yang terjadi jika tanaman tidak kita rawat? Guru menulis jawabannya di papan tulis. Jawaban siswa didiskusikan secara klasikal. b. Guru menguatkan manfaat tanaman dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman menghasilkan oksigen. Tanaman juga membuat lingkungan menjadi teduh. Kita semua wajib menjaga dan memeliharanya. c. Selanjutnya guru meminta siswa membaca teks tentang cerita Lani dan adiknya. Siswa membaca teks dengan membaca dalam hati. d. Setelah membaca, siswa mengerjakan soal-soal berdasarkan pertanyaan secara individu. (Critical Thinking and Problem Formulation) e. Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman sebelahnya. (Collaburation) f. Guru membahas secara klasikal tentang betapa pentingnya tumbuhan bagi manusia. Kita harus melaksanakan kewajiban merawat tumbuhan. g. Siswa duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Siswa mengamati gambar yang diberikan. Siswa mendiskusikan pertanyaan berdasarkan gambar. Guru memotivasi untuk mengamati dan menjawab pertanyaan dengan terperinci. Guru memberikan pendampingan kepada siswa yang membutuhkan. Guru memotivasi semua siswa untuk aktif ketika diskusi. (Communication) h. Siswa melakukan presentasi di depan kelas untuk menyampaikan pendapatnya. Guru menyamaikan kepada siswa untuk berpresntasi dengan suara yang jelas dan percaya diri. i. Guru memberikan penguatan mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk merawat tumbuhan. Misalkan menyiram, memberi pupuk, dan mengambil daun-daun yang kering. j. Secara individu siswa membuat jadwal merawat tanamannya. Guru memotivasi siswa untuk disiplin dalam merawat tanamannya.
B. Berdiskusi
| 140 menit |
Penutup | Ayo Renungkan ² Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. ² Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran buku guru.
Belajar dirumah bersama Orangtua Ø Siswa menyampaikan kepada orangtuanya pentingnya merawat tanaman. Siswa juga menyampaikan tabel merawat tanaman.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. | 15 menit |
- PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
- PPKn: Jadwal merawat tanaman.
Guru memberikan komentar tentang jadwal yang sudah dan belum sesuai.
- Bahasa Indonesia:
Guru memberikan komentar tentang pertanyaan-pertanyaan yang sudah dan belum sesuai.
- Diskusi
Diskusi saat mengelompkkan pertanyaan
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. √ | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.
|
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara) | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. √
| Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. √ |
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
- Belum terlihat
- Mulai terlihat
- Mulai berkembang
- Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
Nama : ……………………….
Kelas/Semester : ……………………………….
Pelaksanaan Pengamatan : ……………………………….
No | Sikap | Belum Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Keterangan |
1. | Tanggung jawan\b |
|
|
|
|
|
2. | Peduli |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
- Remedial dan Pengayaan
- Remedial
Siswa yang belum bisa mengidentifikasi contoh hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.
- Pengayaan
Siswa bisa diberikan tugas untuk mengidentifikasi contoh hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
- Sumber dan Media Pembelajaran
- Sumber :
- Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Media :
- Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4.
Refleksi Guru
Catatan Guru
- Masalah :……….
- Ide Baru :………..
- Momen Spesial :………….
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………… NIP. ………………………… | …………………, ………….. Guru Kelas 4 ,
……………………………… NIP…………………………. |
Download lenqgkap di bawah
[googleapps domain=”drive” dir=”file/d/14fOMBg8qDumwr5bCjBq11b4hTJAivD37/preview” query=”” width=”640″ height=”480″ /]
Post a Comment for "Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)"