Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)

Daftar Isi [Tampil]

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan      : SD/MI 

Kelas / Semester         :  4 /1

Tema                           :  Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)

Sub Tema                    :  Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (1)

Pembelajaran ke          :  4

Alokasi waktu            : (5×35 menit) (5×35 menit)/ 1 hari

 

 

  1. KOMPETENSI INTI
  2. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  3. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  5. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

 

Muatan : PPKN

Kompetensi

Indikator

1.2 Menghargai kewajiban dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama.

1.2.1 Menunjukan hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 

2.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga

masyarakat sebagai wujud cinta tanah air.

2.2.1 Mematuhi hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

3.2.1 Menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dam kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan

4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

4.2.1 Membuat rencana melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara

 

Muatan : Bahasa Indonesia

Kompetensi

Indikator

3.3   Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan

3.3.1 Mengidentifikasi ciri- ciri pertanyaan yang baik

 

4.3   Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis

3.3.1  Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik

 

  1. TUJUAN
  1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan dengan terperinci.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat rencana melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara dengan terperinci.
  3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

 

  1. MATERI
  1. Hak dan kewajiban ketika memanfaatkan tumbuhan.
  2. Ciri-ciri pertanyaan yang baik dan benar.

Karakter siswa yang diharapkan :

  • Religius
  • Nasionalis
  • Mandiri
  • Gotong-royong
  • Integritas

 

  1. PENDEKATAN & METODE

Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                   : Example Non Example

Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.      Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

2.      Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).

3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.

4.      Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.

5.      Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·         Apa yang tergambar pada sampul buku.

·         Apa judul buku

·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa

·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

 

    15

    menit

Kegiatan

Inti

A.    Membaca

a.       Di awal pembelajaran guru membawa tanaman ke dalam kelas. Guru bertanya kepada siswa. Apakah kamu mempunyai tumbuhan di rumah? Bagaimana kamu merawatnya? Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalamannya. Guru bertanya kembali, apa yang terjadi jika tanaman tidak kita rawat? Guru menulis jawabannya di papan tulis. Jawaban siswa didiskusikan secara klasikal.

b.      Guru menguatkan manfaat tanaman dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman menghasilkan oksigen. Tanaman juga membuat lingkungan menjadi teduh. Kita semua wajib menjaga dan memeliharanya.

c.       Selanjutnya guru meminta siswa membaca teks tentang cerita Lani dan adiknya. Siswa membaca teks dengan membaca dalam hati.

d.      Setelah membaca, siswa mengerjakan soal-soal berdasarkan pertanyaan secara individu.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

e.       Siswa mendiskusikan hasil pekerjaannya dengan teman sebelahnya. (Collaburation)

f.        Guru membahas secara klasikal tentang betapa pentingnya tumbuhan bagi manusia. Kita harus melaksanakan kewajiban merawat tumbuhan.

g.      Siswa duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 siswa. Siswa mengamati gambar yang diberikan. Siswa mendiskusikan pertanyaan berdasarkan gambar. Guru memotivasi untuk mengamati dan menjawab pertanyaan dengan terperinci. Guru memberikan pendampingan kepada siswa yang membutuhkan. Guru memotivasi semua siswa untuk aktif ketika diskusi. (Communication)

h.      Siswa melakukan presentasi di depan kelas untuk menyampaikan pendapatnya. Guru menyamaikan kepada siswa untuk berpresntasi dengan suara yang jelas dan percaya diri.

i.        Guru memberikan penguatan mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk merawat tumbuhan. Misalkan menyiram, memberi pupuk, dan mengambil daun-daun yang kering.

j.        Secara individu siswa membuat jadwal merawat tanamannya. Guru memotivasi siswa untuk disiplin dalam merawat tanamannya.

 

B.     Berdiskusi

  1. Setiap siswa diberikan potongan kertas kecil. (1 hvs bekas bisa dipotong menjadi 8). Guru menanyakan kepada siswa tentang kriteria pertanyaan yang baik. Siswa menulis jawabannya di potongan kertas yang dibagikan.
  2. Siswa akan duduk dalam kelompok. Siswa mendiskusikan kriteria pertanyaan yang baik dalam kelompoknya. Setiap kelompok akan menyepakati kriteria pertanyaan yang baik dan menuliskannya di kalender bekas. Setiap kelompok mempresentasikan jawaban.
  3. Guru memberikan penguatan tentang pertanyaan yang baik. Siswa juga bisa membacanya di buku siswa.
  1. Siswa diminta mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya. Siswa akan memilih dan mengelompokkan pertanyaan-pertanyaan ke dalam pertanyaan yang sudah baik dan belum baik. (Creativity and Innovation)
  2. Siswa menyampaikan kepada kelompoknya alasannya mengelompokkan. Teman dalam kelompok bisa mengomentari  pekerjaan  temannya. Guru berkeliling menilai dan memberikan arahan jika ada siswa yang masih kesulitan.
  3. Siswa menulis pertanyaan yang sudah baik di buku tulisnya. Untuk pertanyaan yang belum baik, siswa bisa memperbaikinya. Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa.

 

    140

    menit

Penutup

­   Ayo Renungkan

²  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.

²  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran buku guru.

           

­   Belajar dirumah bersama Orangtua

Ø  Siswa menyampaikan kepada orangtuanya pentingnya merawat tanaman. Siswa juga menyampaikan tabel merawat tanaman.

 

­   Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

­   Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

    15

    menit

 

  1. PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

  1. PPKn: Jadwal merawat tanaman.

Guru memberikan komentar tentang jadwal yang sudah dan belum sesuai.

  1. Bahasa Indonesia:

Guru memberikan komentar tentang pertanyaan-pertanyaan yang sudah dan belum sesuai.

  1. Diskusi

Diskusi saat mengelompkkan pertanyaan

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat

Merespon dengan tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

teman lainnya

saat diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara

rinci,namun

terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

 Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

Catatan:

  • Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
  • Belum terlihat
  • Mulai terlihat
  • Mulai berkembang
  • Sudah terlihat/membudaya
  • Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.

Contoh alternatif penilaian sikap

Nama                                             : ……………………….

Kelas/Semester                              : ……………………………….

Pelaksanaan Pengamatan              : ……………………………….

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Keterangan

1.

Tanggung jawan\b

 

 

 

 

 

2.

Peduli

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

  1. Remedial dan Pengayaan
    1. Remedial

Siswa yang belum bisa mengidentifikasi contoh hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 – 60 menit.

  1. Pengayaan

Siswa bisa diberikan tugas untuk mengidentifikasi contoh hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

  1. Sumber dan Media Pembelajaran
    • Sumber :
  • Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
    • Media :
  • Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.
  • Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4.

 

Refleksi Guru

    Catatan Guru

  1. Masalah :……….
  2. Ide Baru :………..
  3. Momen Spesial :………….

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

                                                         

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    …………..

Guru Kelas 4  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

Download lenqgkap di bawah

[googleapps domain=”drive” dir=”file/d/14fOMBg8qDumwr5bCjBq11b4hTJAivD37/preview” query=”” width=”640″ height=”480″ /]

Post a Comment for "Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)"